PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN RESOLUSI KONFLIK BAGI PEMUDA DI DESA WISATA GUA PINDUL KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Lutfi, Wibawa, M. Pd. and SUJARWO, SUJARWO (2016) PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN RESOLUSI KONFLIK BAGI PEMUDA DI DESA WISATA GUA PINDUL KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
HB.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas resolusi konflik pengelolaan wisata Gua Pindul Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia. Pengelolaan Goa Pindul sebagai destinasi wisata alam di kelola oleh masyarakat yang melahirkan 4 kelompok pengelola. Konflik terjadi diantara kelompok tersebut yang berdampak pada kelompok pemuda. Secara khusus kita menelaah faktor-faktor penyebab konflik, dampak konflik pada generasi muda serta hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak konflik. Tujuan utama dari penelitian riserch and developmen ini adalah untuk membangun kesadaran masyarakat agar konflik yang terjadi tidak memberikan dampak negatif kepada kelompok pemuda. Sehingga dari masyarakat terbentuk sekelompok orang yang melakukan kegiatan pencegahan (conflict resolution agent). Pada tahun 1 telah di hasilkan beberapa pertemuan : 1). Penyebab konflik yang terjadi di desa wisata Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, daerah Istimewa Yogyakarta. 2). Dampak konflik yang terjadi di desa wisata terhadap generasi muda. 3). Draf modul pelatihan resolusi konflik di desa wisata bagi kelompok pemuda. 4). Draf bahan pembelajaran mahasiswa tentang resolusi konflik pada matakuliah Dinamika Kelompok, pada jenjang S-1 di jurusan Pendidikan Luar Sekolah.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2016
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul, Resolusi Konflik, Pemuda
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 21 Feb 2017 07:23
Last Modified: 21 Feb 2017 07:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47303

Actions (login required)

View Item View Item