Evaluasi Program Supervisi Pengawas Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bantul

Purwati, Yuni (2010) Evaluasi Program Supervisi Pengawas Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yuni-purwati-027125086.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Peran pengawas Sekolah Dasar mencakup aspek: (1) inspecting (mensupervisi), (2) advising (memberi advis atau nasehat), (3) monitoring (memantau), (4) reporting (membuat laporan) dan (5) coordinating (mengkoordinir). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program supervisi sekolah dasar di Kabupaten Bantul. Fokus penelitian adalah intensitas pengawas dalam aspek: (1) supervisi akademik, (2) supervisi manajerial, (3) hambatan dan usul serta saran guru-guru dan kepala sekolah untuk meningkatkan mutu supervisi Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model kesenjangan (discrepancy model) dari Provus. Populasi penelitian adalah pengawas dan guru sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Data kuantitatif diolah secara deskriptif dan uji beda t-test dengan bantuan program SPSS 11.0 For Windows. Penentuan validitas instrumen dilakukan terhadap validitas isi (content validity) . Penentuan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Intensitas pengawas dalam supervisi akademik sudah intensif. Namun demikian intensitas supervisi lebih banyak pada aspek inspeksi sedangkan aspek lain seperti advising, monitoring, koordinasi dan reporting belum optimal. (2) Intensitas pengawas dalam supervisi administratif dan manajemen sudah intensif. Namun demikian intensitas supervisi lebih banyak pada aspek inspeksi, monitoring/pemantauan, koordinasi dan reporting, sedangkan aspek advising belum optimal. (3) Hambatan-hambatan dalam melakukan Supervisi terutama beban kerja dan cakupan lingkup supervisi yang terlalu luas, sehingga tidak mampu melakukan semua aspek supervisi. Kendala lain adalah terjadi karena terbatasnya instrumen supervisi yang baku, sangat minimnya pembinaan untuk meningkatkan kemampuan pengawas, dan seringnya pengawas mendapatkan tugas tambahan di luar supervisi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, supervisi pengawas, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2017 07:22
Last Modified: 05 Oct 2022 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47285

Actions (login required)

View Item View Item