PENGEMBANGAN SUPLEMEN HIPOGLIKEMIK BERBASIS Cr(III) MELALUI UJI PRE KLINIK SEBAGAI SUMBER NUTRACEUTICAL PRODUCT BAGI PENYANDANG DIABETES MELLITUS TIPE-2

Kun, Sri Budiasih and Kartika Ratna, Pertiwi and Rizqie Auliana, M.Kes. (2016) PENGEMBANGAN SUPLEMEN HIPOGLIKEMIK BERBASIS Cr(III) MELALUI UJI PRE KLINIK SEBAGAI SUMBER NUTRACEUTICAL PRODUCT BAGI PENYANDANG DIABETES MELLITUS TIPE-2. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
HB.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini secara keseluruhan adalah mengembangkan produk suplemen berbasis Cr(III) yang berguna sebagai sumber nutraceutical product pada penyandang 2 diabetes mellitus (DM). Pengembangan suplemen Cr(III) dirancang dengan bahan aktif baru yaitu Cr(III)-asam amino (asam glutamat). Pemilihan ligan asam amino dalam penelitian ini didasarkan pada sifat biavailabilitas dan data referensi yang melaporkan bahwa asam glutamat merupakan salah satu asam amino yang berperan sebagai GTF (Glucose Tollerance Factor) pada metabolisme glukosa di dalam tubuh. Penelitian tentang sintesis bahan aktif suplemen Cr(III)-asam amino telah dilakukan pada penelitian sebelumnya. Dalam penelitian tahun ke I telah dilakukan uji pre-klinik tahap I dengan sampel Cr(III)-glutamat (Cr-glu), yaitu senyawa kompleks ([Cr(µOH)(glu)(OH) 2 ] 2 ·6H O]). Aktivitas in vivo bahan ini dibandingkan dengan beberapa kontrol yaitu Cr-Pic, glibenclamide sebagai obat hipoglikemik, serta kontrol negatif tanpa perlakuan. Preparasi bahan aktif suplemen Cr(III)-asam amino telah dilakukan pada penelitian sebelumnya. Senyawa kompleks Kromium(III)-glutamat, yang merupakan sintesis ulang menurut prosedur yang telah ditentukan pada penelitian sebelumnya mimiliki rumus kimia ([Cr(µ-OH)(glu)(OH) 2 2 ] 2 ·6H O]). Uji pre-klinik dilakukan secara in vivo pada hewan coba yang diinduksi dengan nicotinamide dan streptozotocin sebagai model DM tipe II. Hasilnya menunjukkan adanya efek hipoglikemik yang signifikan dari senyawa kompleks Cr(III) – glutamat. Produk berupa artikel berjudul Pre Clinical Study of Cr(III)-based Hypoglicemic Supplement in –Type 2 Diabetic Rats (International Conference ICB-Pharma III, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 31 Oktober 2015). 2 Tahap-tahap lanjutan dalam penelitian ini adalah pengamatan terhadap histopatologi organ yaitu hepar dan ginjal. Selanjutnya, penelitian meliputi berupa uji toksisitas akut dan kronik, uji fungsi hati melalui 4 parameter (SGOT/SGPT, ureum, kreatinin) serta pengembangan suplemen diabetes dalam bentuk cookies casava terfortifikasi Cr (III). Telah dihasilkan artikel ilmiah berjudul A Study on the Hystopatology of Cr(III)-amino acids supplementation on streptozotocin-nicotinamide diabetic Wistar Rats (6 EuCheMS (European Chemical and Material Society) 2016 Chemistry Congres, Seville, Spanyol), 1015 September 2016). Luaran yang kedua adalah produk prototipe cokies casava terfortifikasi Cr(III)-glutamat, yang telah dilakukan uji organoleptiknya. Pada akhir tahap penelitian ini dihasilkan artikel kedua untuk dipublikasikan pada jurnal Internasional.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2016
Uncontrolled Keywords: diabetes mellitus (DM), Cr(III) -asam amino, nutraceutical, uji pre- klinik, fortifikasi
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 21 Feb 2017 03:53
Last Modified: 21 Feb 2017 03:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47268

Actions (login required)

View Item View Item