K-13 FOR ANDROID BAGI PENGGUNA KURIKULUM 2013 SEBAGAI PIRANTI M-LEARNING

Ikhlasul, Ardi N and Vinta Angela T, M.Ed (2016) K-13 FOR ANDROID BAGI PENGGUNA KURIKULUM 2013 SEBAGAI PIRANTI M-LEARNING. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
HB.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah aplikasi berbasis android yang diharapkan dapat membantu pengguna Kurikulum 2013 dalam menerapkan pendekatan ilmiah. Desain penelitian ini dirancang menggunakan Research and Development (R & D) mengadaptasi dari Plomp (2001) yang terdiri dari empat tahap, yakni (1) investigasi awal, (2) perancangan atau desain (3) realisasi, (4) tes, evaluasi, dan revisi dan (5) implementasi (Rochmad, 2011). Uji coba produk dilakukan dalam tiga tahap yakni uji coba satu-satu (3 subyek coba), uji coba kelompok kecil (8 subyek coba), dan uji coba kelompok besar (25 subyek coba). Validitas produk dilakukan dengan teknik expert judgement dan focus group discussion bersama calon guru sekolah dasar. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Data yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif kemudian dikonversi ke data kualitatif dengan skala 5 mengacu pada Eko Putro Widoyoko (2011). Data kualitatif dianalisis isi kemudian disimpulkan dan ditindaklanjuti dalam bentuk revisi produk. Hasil penelitian adalah sebuah software aplikasi Pendekatan ilmiah dalam K-13dengan ekstensi apk. tervalidasi dan telah diujicobakan dalam tiga tahap. Karakteristik aplikasi Pendekatan ilmiah dalam K-13 adalah sebagai berikut: a. Berplatform android, b. Tersedia di Playstore secara gratis, c. Tanda membutuhkan pendaftaran dan password, d. Mengandung materi: Bab I. Hakikat Pendekatan Ilmiah, Bab II. Keterampilan berpikir dalam pendekatan ilmiah, Bab III. Pendekatan ilmiah dalam berbagai mata pelajaran, Bab. IV. Penerapan pendekatan ilmiah dalam tahapan 5 M. Selain itu, disertai juga link untuk membeli buku dengan penjelasan lebih luas tentang pendekatan ilmiah. Hasil uji coba kelompok besar adalah kualitas aplikasi berada pada tingkat sangat baik (skor 15,24) sehingga dikatakan layak dan efektif.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2016
Uncontrolled Keywords: Pendekatan ilmiah dalam K-13, Android, mobile learning
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 21 Feb 2017 02:02
Last Modified: 21 Feb 2017 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47254

Actions (login required)

View Item View Item