LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK N 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA Jl. PG. Madukismo, Bugisan, Yogyakarta 55182

Desiana Muryasari, Desiana Muryasari (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK N 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA Jl. PG. Madukismo, Bugisan, Yogyakarta 55182. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu PPL Desiana Muryasari 13206244008.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Di semester khusus tahun 2016/2017, mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti praktik mengajar yang merupakan kegiatan pokok pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang selanjutnya disebut PPL, dimana mahasiswa ikut terlibat langsung dalam proses belajar mengajar (PMB) dengan tujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman secara langsung kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Kegiatan PPL itu sendiri merupakan praktik latihan mengajar yang sifatnya aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya, hal ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa agar memiliki kemampuan keguruan sehingga dapat mempersiapkan diri dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang calon pendidik. Metode yang digunakan diantaranya observasi pra PPL, pengadaan kuliah pengajaran mikro/micro teaching, persiapan mengajar dengan konsultasi guru pembimbing, penyusunan RPP dan lembar kerja, pelaksanaan program dan monitoring oleh DPL PPL dan penyusunan laporan PPL. Kesimpulan yang dapat ditarik dari pengalaman tersebut adalah Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah atau lembaga. Program PPL, khususnya dalam praktik mengajar merupakan pengalaman langsung sebagai bekal ketika terjun ke dunia pendidikan nantinya.Program PPL dapat berjalan dengan lancar apabila didukung dengan kerjasama dan koordinasi yang baik antar semua pihak. PPL di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mempunyai program studi seni rupa merupakan pengalaman yang baru dan menantang. Para Praktikan dihadapkan dengan situasi yang berbeda dengan sekolah lainnya. Karakter peserta didik yang unik membuat praktikan harus menggunakan cara khusus untuk menghadapinya.Walaupun begitu, tidak pernah sedikitpun merasa menyesal PPL di SMK.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Feb 2017 00:39
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47242

Actions (login required)

View Item View Item