LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK N 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA JL PG. Madukismo, Bugisan, Yogyakarta 55182

Bayu Dwi Prasetya, Bayu Dwi Prasetya (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK N 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA JL PG. Madukismo, Bugisan, Yogyakarta 55182. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu PPL Bayu Dwi Prasetya 13206244017.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Program PPL adalah kegiatan yang dilakasanakan dalam bentuk pelatihan mandiri yang diarahkan kepada terbentuknya kemampuan keguruan yang terjadwal secara sistematis dibawah bimbingan dosen pembimbing dan guru pamong yang memenuhi syarat.Tujuan yang ingin dicapai programPPL adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru / pendidik atau tenaga kependidikan. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa programkependidikan. Salah satu tujuannya untuk memberikan pengalaman kepadamahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga,dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan dankependidikan. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah SMK N 3 Kasihan ( SMSR ) yang beralamat di Jl. PG. Madukismo, Bugisan, Kasihan, Bantul.Pelaksanaan program PPL dilakukan oleh mahasiswa bekerjasamadengan warga sekolah, dalam hal ini guru, karyawan dan siswa. Adapunmekanisme pelaksanaan PPL tersebut meliputi penyeleksian persyaratan peserta, pendaftaran dan pengelompokkan peserta, observasi pra PPL, pembekalan PPL, penyerahan mahasiswa PPL ke sekolah, penerjunan mahasiswa PPL ke sekolah, pelaksanaan PPL, dan penyusunanlaporan PPL.Kegiatan PPL dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 di SMK N 3 Kasihan ( SMSR ). Secara khusus dalam pelaksanaan PPL di SMK N 3 Kasihan (SMSR) yang mempunyai program studi seni rupa merupakan pengalaman baru dan menantang yang tidak dirasakan oleh semua mahasiswa, dimana setiap siswa mempunyai karakter unik dan kebiasaan yang berbeda dengan kondisi di sekolah umum lainya karena proses belajar mengajar lebih kepada kebebasan. Dimana setiap siswa membutuhkan pembimbingan khusus.secara khusus dalam pelaksanaan PPL di SMK N 3 Kasihan (SMSR) yang mempunyai program studi seni rupa merupakan pengalaman baru dan menantang yang tidak dirasakan oleh semua mahasiswa, dimana setiap siswa mempunyai karakter unik dan kebiasaan yang berbeda dengan kondisi di sekolah umum lainya karena proses belajar mengajar lebih kepada kebebasan. Dimana setiap siswa membutuhkan pembimbingan khusus.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Feb 2017 00:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47240

Actions (login required)

View Item View Item