LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK N 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA JL PG. Madukismo, Bugisan, Yogyakarta 55182

Anisa Rohmah, Anisa Rohmah (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK N 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA JL PG. Madukismo, Bugisan, Yogyakarta 55182. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu PPL Anisa Rohmah 13206244013.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa S1 program kependidikan yang bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, mengingkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, menghayati permasalahan sekolah atau lembaga.PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh bersamaan dengan kegiatan KKN. PPL diadakan di sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta sebagai lembaga yang mencetak pendidik-pendidik berprestasi. Metode yang digunakan diantaranya observasi pra PPL, pengadaan kuliah pengajaran mikro/micro teaching, penyusunan rancangan program, pembekalan oleh DPL PPL, persiapan mengajar dengan konsultasi guru pembimbing, memberikan materi tentang Gambar Bentuk dan Pengetahuan Bahan dalam KBM, pelaksanaan program dan monitoring oleh DPL PPL dan penyusunan laporan PPL. Kesimpulannya, secara khusus dalam pelaksanaan PPL di SMK Negeri 3 Kasihan (SMSR) yang mempunyai program studi seni rupa merupakan pengalaman baru dan menantang yang tidak dirasakan oleh semua mahasiswa, dimana setiap siswa mempunyai karakter unik dan kebiasaan yang berbeda dengan kondisi di sekolah umum lainya karena proses belajar mengajar lebih kepada kebebasan. Dengan pendidikan dapat dikatakan sebagai tugas kemanusiaan didalamnya, berlangsung suatu proses, yaitu pengembangan manusia kearah kemanusiaan. Dengan pendidikan diharapkan pula terwujudnya dasar manusia dengan alam, manusia dengan Tuhan yang Maha Esa, oleh karena itu pendidikan nasional berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila, harus mampu membina dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi, kesadaran bermasyarakat dan kesadaran lingkungan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Feb 2017 00:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47239

Actions (login required)

View Item View Item