LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA JL. PG. Madukismo, Bugisan, Yogyakarta 55182

Andy Junaedi, Andy Junaedi (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA JL. PG. Madukismo, Bugisan, Yogyakarta 55182. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu PPL Andy Junaedi 13206244021.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa S1 program kependidikan yang bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, menghayati permasalahan sekolah atau lembaga. PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh. PPL diadakan di sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta sebagai lembaga yang mencetak pendidik-pendidik berprestasi. Metode yang digunakan diantaranya observasi pra PPL, pengadaan kuliah pengajaran mikro/micro teaching, penyusunan rancangan program, pembekalan oleh DPL PPL, persiapan mengajar dengan konsultasi guru pembimbing, memberikan materi tentang Miniatur KBM, pelaksanaan program dan monitoring oleh DPL PPL dan penyusunan laporan PPL. Kesimpulannya, secara khusus dalam pelaksanaan PPL di SMK Negeri 3 Kasihan (SMSR) yang mempunyai program studi seni rupa merupakan pengalaman baru dan menantang yang tidak dirasakan oleh semua mahasiswa, dimana setiap siswa mempunyai karakter unik dan kebiasaan yang berbeda dengan kondisi di sekolah umum lainya karena proses belajar mengajar lebih kepada kebebasan. Dimana setiap siswa membutuhkan pembimbingan khusus. Sehingga membutuhkan perlakuan dan cara mengajar yang berbeda pula. Secara umum PPL dapat menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah atau lembaga,selain sebagai modal bekerja dimasa depan, PPL juga membiasakan mahasiswa untuk menghadapi situasi dimana pendidik harus bertindak cepat untuk menghadapi persoalan yang sedang terjadi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program PPL, Observasi, Persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Feb 2017 00:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47238

Actions (login required)

View Item View Item