PENGEMBANGAN MODEL KESELAMATAN DI AIR (WATER SAFETY)SEBAGAI TINDAKAN PREVENTIF DAN MEMBERI RASA AMAN DALAM PEMBELAJARAN AKUATIK DI SEKOLAH

Ermawan, Susanto, M.Pd. and Drs. AM. Bandi, Utama, M.Pd. (2016) PENGEMBANGAN MODEL KESELAMATAN DI AIR (WATER SAFETY)SEBAGAI TINDAKAN PREVENTIF DAN MEMBERI RASA AMAN DALAM PEMBELAJARAN AKUATIK DI SEKOLAH. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
HB.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model keselamatan di air (water safety) sebagai tindakan preventif dan memberi rasa aman dalam pembelajaran renang di sekolah. Penelitian dirancang dengan desain penelitian kualitatif, melalui Focus Group Discussion, in-depth interview, dan observasi non-participant, yang bertujuan untuk memperoleh gambaran persepsi siswa dan guru tentang kebutuhan model keselamatan air (water safety) dalam pembelajaran akuatik di sekolah. Subjek penelitian untuk memperoleh persepsi kebutuhan permainan air adalah siswa dan guru pendidikan jasmani. Subjek penelitian untuk memperoleh data pemahaman dan persepsi kebutuhan keselamatan di air (water safety) adalah siswa dan guru PJOK sekolah dasar. Validasi ahli oleh pakar pembelajaran akuatik. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru tentang keselamatan di air pada pembelajaran akuatik masih kurang. Atas dasar itu maka disusunlah draft buku yang berisi 28 bentuk-bentuk aktivitas keselamatan di air (water safety).

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2016
Uncontrolled Keywords: model, keselamatan di air (water safety), renang, pembelajaran akuatik
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 20 Feb 2017 01:32
Last Modified: 20 Feb 2017 01:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47197

Actions (login required)

View Item View Item