PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI BERBASIS PENDEKATAN SISTEMIK PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA/MA

Erfan, Priyambodo , M.Si. and Marfuatun, - (2016) PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI BERBASIS PENDEKATAN SISTEMIK PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMA/MA. Artikel Penelitian Hibah Bersaing.

[img]
Preview
Text
hb.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia di SMA/MA, seorang peserta didik dituntut untuk berpikir konstruktif sehingga dapat memahami konsep-konsep kimia yang cenderung abstrak. Proses berpikir konstruktif diperoleh jika peserta didik tersebut mampu berpikir secara logis dan analitis. Salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang dapat digunakan adalah pendekataan sistemik yaitu suatu pendekatan yang menggunakan suatu susunan konsepkonsep melalui sistem interaksi yang menghubungkan antar konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analitis kimia peserta didik kelas X dan XI Semester II SMA sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X dan XI Semester II SMA sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik; (3) mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan berpikir analitis terhadap prestasi belajar kimia peserta didik kelas X dan XI Semester II setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik. Sampel pada penelitian ini adalah 2 kelas X (54 peserta didik) dan 2 kelas XI (64 peserta didik). Terdapat dua macam instumen pada penelitian ini, yaitu instrumen untuk pembelajaran kimia dan instrumen pengambilan data penelitian. Semua instrumen yang digunakan pada penetian ini divalidasi secara logis dan empirik. Analisis data penelitian dilakukan secara statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada perbedaan yang positif dan signifikan pada kemampuan berpikir analitis peserta didik sebelum dan sesudah proses pembelajaran menggunakan pendekatan sistemik, (2) ada perbedaan yang positif dan signifikan pada prestasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah proses pembelajaran menggunakan pendekatan sistemik, (3) ada hubungan yang positif antara naiknya kemampuan berpikir analitis peserta didik dengan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2016
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 20 Feb 2017 01:28
Last Modified: 20 Feb 2017 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47195

Actions (login required)

View Item View Item