KAPASITAS INDIVIDU, BUDAYA ORGANISASI, DAN ASIMETRI INFORMASI PADA PENYUSUNAN ANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP BUDGETARY SLACK (Studi Kasus SKPD Sleman)

Intan, Fitri Ardinasari (2017) KAPASITAS INDIVIDU, BUDAYA ORGANISASI, DAN ASIMETRI INFORMASI PADA PENYUSUNAN ANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP BUDGETARY SLACK (Studi Kasus SKPD Sleman). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Intan Fitri Ardinasari_13812144014.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penyusunan anggaran partisipatif terhadap budgetary slack; (2) Pengaruh kapasitas individu dalam penyusunan anggaran partisipatif terhadap budgetary slack; (3) Pengaruh budaya organisasi dalam penyusunan anggaran partisipatif terhadap budgetary slack; (4) Pengaruh asimetri informasi dalam penyusunan anggaran partisipatif terhadap budgetary slack pada SKPD Sleman. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 277 pejabat eselon SKPD Sleman yang dipilih berdasarkan metode sara. Uji validitas menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regeresi sederhana dan analisis regresi moderasi (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Anggaran partisipatif berpengaruh negatif terhadap budgetary slack. Hal tersebut ditunjukkan oleh p-value 0,00 < 0,05 dan nilai koefisien sebesar -0,17, (2) Kapasitas individu mampu memperlemah hubungan anggaran partisipatif terhadap budgetary slack. Hal tersebut ditunjukkan oleh p-value 0,004 < 0,05 dan nilai koefisien sebesar -0,03, (3) Budaya Organisasi tidak mampu memeoderasi hubungan anggaran partisipatif terhadap budgetary slack. Hal tersebut ditunjukkan oleh p-value 0,87 > 0,05 dan nilai koefisien sebesar -0,00, dan (4) Asimetri informasi tidak mampu memoderasi hubungan anggaran partisipatif terhadap budgetary slack. Hal tersebut ditunjukkan oleh p-value 0,39 > 0,05 dan nilai koefisien sebesar -0,01.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Budgetary Slack, Kapasitas Individu, Budaya Organisasi, Asimetri Informasi, Anggaran Partisipatif
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 20 Feb 2017 01:10
Last Modified: 30 Jan 2019 13:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47188

Actions (login required)

View Item View Item