KEEFEKTIFAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS 3 SD NEGERI GADINGAN WATES KULON PROGO

Laras, Cipto Kurniati (2016) KEEFEKTIFAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS 3 SD NEGERI GADINGAN WATES KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LARAS CIPTO KURNIATI_12103241036.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari kooperatif STAD (Student Teams Achievment Division) terhadap pembelajaran matematika bagi anak berkesulitan belajar matematika di kelas 3 SD 3 SD Negeri Gadingan Wates Kulon Progo. Kedua anak berkesulitan belajar matematika yang menjadi subyek penelitian tersebut mengalami kesulitan belajar matematika aspek pengurangan meminjam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan observasi. Analisis data yang digunakan yakni statistik deskriptif dengan menyajikannya dalam beberapa kategori dalam bentuk persen dan grafik. Validitas instrumen yang digunakan yaitu valditas isi dengan membandingkan isi instrumen dengan materi pelajaran dan logical validity pada instrumen observasi dengan diperiksa oleh dosen pembimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD efektif terhadap pembelajaran matematika bagi anak berkesulitan belajar matematika yang berada di kelas 3 SD Negeri Gadingan Wates Kulon Progo. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan tes belajar yang menunjukkan adanya peningkatan terhadap perolehan skor kuis yaitu pre-test, post-test I dan II dan hasil dari observasi kegiatan pembelajaran menunjukkan partisipasi dari kedua subyek penelitian menunjukkan berkategori minimal cukup. Hasil peningkatan hasil belajar pada kedua subyek penelitian yaitu pada subyek GS mengalami peningkatan sebanyak 5% pada pelaksanaan post-test I dan II, sedangkan pada subyek AJ mengalami peningkatan sebanyak 20% pada pelaksanaan post-test I dan II. Peningkatan skor perolehan kuis tersebut telah menunjukkan adanya pemahaman yang meningkat terhadap materi pembelajaran. Peningkatan perolehan skor kuis kedua subyek dikarenakan pada saat pembelajaran berlangsung, kedua subyek diajari oleh teman satu kelompok yang telah memahami materi pelajaran. Adanya ketergantungan positif tersebut yang menjadi kriteria pokok keefektifan kooperatif STAD dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 17 Feb 2017 08:01
Last Modified: 30 Jan 2019 13:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47169

Actions (login required)

View Item View Item