Khusniatun, Badriyah (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN 1 SAMPAI 10 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III SLB MA’ARIF BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
KHUSNIATUN BADRIYAH_12103241021.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan 1 sampai 10 melalui model pembelajaran quantum teaching pada anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Ma‟arif Bantul. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua orang siswa tunagrahita ringan kelas III di SLB Ma‟arif Bantul. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data dengan instrumen tes, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pemahaman konsep penjumlahan 1 sampai 10 menggunakan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep siswa. Hasil tes kemampuan awal menunjukkan bahwa kedua subjek memiliki pemahaman konsep penjumlahan 1 sampai 10 rendah dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal 70%. Langkah-langkah pembelajaran model quantum teaching menggunakan kerangka TANDUR (tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan). Melalui langkah-langkah ini, pemahaman konsep penjumlahan 1 sampai 10 siswa dapat meningkat. Hal ini terbukti dari hasil tes yang menunjukkan peningkatan dari tes kemampuan awal, tes siklus I, dan tes siklus II. Subjek F mengalami peningkatan dari kemampuan awal 60,00% menjadi 73,34% pada siklus I dan meningkat 80,00% pada siklus II. Subjek S mengalami peningkatan dari kemampuan awal 46,67% menjadi 53,34% pada siklus I dan meningkat 73,34% pada siklus II. Hasil tes pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan mencapai kriteria ketuntasan minimal 70%, sehingga tindakan dihentikan. Hasil observasi subjek F memperoleh hasil 83,33% pada siklus I meningkat menjadi 94,43% pada siklus II. Subjek S memperoleh hasil 66,66% pada siklus I dan meningkat menjadi 88,09% pada siklus II.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
| Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Biasa FIP |
| Date Deposited: | 17 Feb 2017 07:49 |
| Last Modified: | 30 Jan 2019 13:19 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47167 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
