PELAKSANAAN KURIKULUM ADAPTIF DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA

Isnaini, Mukarromah (2016) PELAKSANAAN KURIKULUM ADAPTIF DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ISNAINI_09103244036.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses dan hasil dalam pelaksanaan kurikulum adaptif di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh tiga subjek penelitian, yaitu kepala sekolah, Guru Pembimbing Khusus,dan guru Kelas SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Waktu pelaksanaan penelitian ini yaitu pada bulan Juni 2016 sampai dengan bulan Juli 2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik induktif melalui langkah-langkah reduksi data (penyederhanaan), data display, dan pengambilan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang diperoleh menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Sudah ada kurikulum adaptif di SD Negeri Giwangan Yogyakarta. (2) Kurangnya kerjasama antara guru kelas dan Guru Pembimbing Khusus dalam pelaksanaan kurikulum adaptif di SD NEgeri Giwangan Yogyakarta. (3) Belum adanya standar administratif yang baku dari pemerintah terkait kurikulum adaptif di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 17 Feb 2017 07:40
Last Modified: 30 Jan 2019 13:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47165

Actions (login required)

View Item View Item