PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA ANAK TUNA RUNGU KELAS 1 SEKOLAH DASAR LUAR BIASA MARDI MULYO KRETEK BANTUL

Indra, Dewi Patmawijayanti (2016) PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA ANAK TUNA RUNGU KELAS 1 SEKOLAH DASAR LUAR BIASA MARDI MULYO KRETEK BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
INDRA DEWI PATMAWIJAYANTI_11103241036.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kosa kata anak tunarungu melalui pendekatan pembelajaran berbasis lingkungan kelas 1 SLB Mardi Mulyo Kretek. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus dan empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi yang dilakukan selama 2 bulan. Subjek penelitian adalah 4 siswa tuna rungu kelas 1. Teknik pengumpulan data meliputi observsi, tes, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan uji tes U Mann-Whitney dengan membandingkan pre-test dan post-test dilanjutkan analisis komparatif dengan membandingkan post-test dan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 75 dari skor maksimal 100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis lingkungan dapat meningkatkan kemampuan kosa kata subjek dilihat dari hasil pre-test, post-test I, dan post test II yang telah mencapai KKM. Subjek NE memperoleh nilai 34 pada pre-test, 60 pada post-test siklus I, dan 76 pada post-test siklus II. Subjek RA memperoleh nilai 38 pada pre-test, 62 pada post-test siklus I, dan 76 pada post-test siklus II. Subjek BA memperoleh nilai 56 pada pre-test, 78 pada post-test siklus I, dan 92 pada post-test siklus II. Subjek ER memperoleh nilai 42 pada pre-test, 72 pada post-test siklus I, dan 84 pada post-test siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, pendekatan pembelajaran berbasis lingkungan menggunakan media gambar disarankan untuk meningkatkan kosa kata anak tunarungu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 17 Feb 2017 07:38
Last Modified: 30 Jan 2019 13:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47164

Actions (login required)

View Item View Item