KEEFEKTIFAN MEDIA PAPAN MANIK-MANIK TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA AUTIS KELAS IV DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA

Iga, Anggraeni (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA PAPAN MANIK-MANIK TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA AUTIS KELAS IV DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IGA ANGGRAENI_10103244011.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media papan manikmanik terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan dalam pembelajaran matematika siswa autis kelas IV di sekolah khusus autis Bina Anggita Yogyakarta. Aspek yang diamati adalah perubahan perilaku, durasi waktu dan frekuensi kesalahan ketika mengerjakan tugas. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A’. Subjek penelitian adalah satu siswa autis kelas IV. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik. Komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan pada subjek dengan panjang kondisi untuk frekuensi kesalahan subjek adalah (A) = 3, (B) = 6, (A’) = 3. Kecenderungan arah pada frekuensi kesalahan dari subyek : A (=) sejajar, B (+) naik dan A’ (=) sejajar yang berarti telah ada peningkatan skor yang menandakan adanya penurunan frekuensi kesalahan yaitu ketika pada fase Intervensi (B). Kecenderungan stabilitas, jejak data serta level dan stabilitas rentang untuk A stabil, B stabil, dan A’ stabil. Perubahan level A (=0), B (+10) dan A’ (=0). Panjang kondisi untuk durasi waktu subjek (A) = 3, (B) = 6, (A’) = 3, kecenderungan arah untuk A sejajar (=), B menurun (+) sedangkan A’ menurun (+) yang berarti mengalami peningkatan karena semakin sedikit jumlah durasi waktu mengerjakan ketika berhitung. Kecenderungan stabilitas, jejak data serta level dan stabilitas rentang untuk A stabil, B stabil, dan A’ stabil. Perubahan level A (=0) sementara B (+7) sedangkan A’ (+3). Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan semakin meningkatnya perolehan skor dan semakin berkurangnya frekuensi kesalahan serta durasi waktu mengerjakan setelah pemberian perlakuan menggunakan media papan manikmanik. Kesimpulan akhir serta hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa media papan manik-manik efektif terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan anak autis kelas IV di sekolah khusus autis Bina Anggita Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 17 Feb 2017 07:33
Last Modified: 30 Jan 2019 13:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47163

Actions (login required)

View Item View Item