PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN EDUKATIF “PANCING ANGKA” PADA ANAK AUTIS KELAS VII DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH

Hikmatul, Lathifah (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN EDUKATIF “PANCING ANGKA” PADA ANAK AUTIS KELAS VII DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HIKMATUL LATHIFA_12103241009.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak autis melalui permainan pancing angka pada kelas VII di SLB Autisma Dian Amanah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus, berkolaborasi dengan guru kelas. Siklus 1 terdiri dari 4 pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa autis kelas VII berjumlah 1 orang. Pengumpulan data evaluasi tindakan menggunakan tes hasil belajar dan data monitoring dengan panduan observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa setelah dilakukan kegiatan permainan pancing angka maka kemampuan mengenal lambang bilangan anak mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari hasil tes yang dilakukan. Hasil pasca tindakan siklus 1 didapatkan data yaitu subjek RAM dari skor kemampuan awal 50 (kriteria cukup) menjadi 67 (kriteria baik), dengan peningkatan skor 17 atau meningkat sebesar 16,35%. Hasil evaluasi pada siklus 1 dipandang belum optimal karena ruang kelas kurang kondusif dan subjek sering tidak percaya diri dalam menjawab soal. Perbaikan tersebut nampak pada kegiatan yaitu : memberikan reward mainan mobil-mobilan yang disukai subyek, memberikan penguatan, modifikasi media permainan, dan melakukan tindakan selanjutnya di ruang keterampilan. Adapun peningkatan proses dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan melalui permainan pancing angka yaitu subyek menjadi lebih aktif mengikuti proses pembelajaran, terjadinya komunikasi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, subyek mampu berkonsentrasi dalam jangka waktu yang lebih lama dan subyek mampu menyelesaikan tugasnya secara mandiri.Hasil pasca tindakan siklus II menunjukkan peningkatan yakni subjek RAM dengan skor siklus 1 sebesar 67 (kriteria baik) meningkat pada siklus II dengan perolehan skor yaitu 86 (kriteria sangat baik) dengan peningkatan skor sebesar 19 atau meningkat sebesar 18,28%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 17 Feb 2017 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 13:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47162

Actions (login required)

View Item View Item