IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INDUSTRY-BASED APPROACH MATA PELAJARAN PRODUKTIF BERMUATAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK

Hariyanto, V. Lilik and Jaedun, Amat and Raharjo, Nuryadin Eko (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INDUSTRY-BASED APPROACH MATA PELAJARAN PRODUKTIF BERMUATAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK. Artikel Penelitian Fundamental.

[img]
Preview
Text
FUND.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) dihasilkan Model Industry-Based Approach (Model I-BA) yang dapat dimplementasikan pada pembelajaran di kelas untuk siswa SMK program studi teknik furniture, (2) dihasilkan Model IndustryBased Approach (Model I-BA) yang tepat pada mata pelajaran produktif bermuatan kewirausahaan, (3) dihasilkan buku panduan implementasi Model Industry-Based Approach (Model I-BA) yang memberikan peningkatan dalam pembelajaran pembelajaran produktif bermuatan bewirausahaan, (4) dihasilkan modul pembelajaran yang memberikan peningkatan dalam pembelajaran produktif bermuatan bewirausahaan dengan menggunakan Model Industry-Based Approach (Model I-BA), (5) dihasilkan Model Industry-Based Approach (Model I-BA) yang efektif yang dapat memberikan peningkatan dalam pembelajaran produktif bermuatan bewirausahaan, (6) dihasilkan Model Industry-Based Approach (Model I-BA) yang praktis yang dapat memberikan peningkatan dalam pembelajaran produktif bermuatan bewirausahaan. Metode penelitian digunakan Penelitian dan Pengembangan dari Borg & Gall. yaitu: (1) penelitian, untuk mengumpulkan data tentang produk yang akan dikembangkan, (2) pengembangan, untuk menganalisis produk melalui pembelajaran di kelas. Penelitian dilakukan di SMK Pangudi Luhur, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Subjek penelitian adalah siswa Program Studi Teknik Furnitur kelas XI (sebelas). Analisis data digunakan analisis statistik deskriptif Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Model Pembelajaran Industri-Based Approach (I-BA) terintegrasi bidang kewirausahaan - produktif siswa SMK bidang keahlian teknik furniture dapat ditemukan dan diimplementasikan, (2) dapat dihasilkan model pembelajaran Industry-Based Approach (Model I-BA) yang tepat untuk mata pelajaran produktif bermuatan kewirausahaan, (3) dapat dihasilkan modul pembelajaran sebagai penunjang implementasi Model Industry-Based Approach (Model I-BA), (4) dihasilkan modul pembelajaran yang memberikan peningkatan dalam pembelajaran produktif bermuatan bewirausahaan dari skor 55,25 – 58,25, atau meningkat sebesar 5,43 %., (5) besar peningkatan kriteria keefektifan Model IBA dalam pembelajaran produktif bermuatan bewirausahaan bila ditinjau dari guru sebesar dari skor 76,00 – 83,50 atau 9,87 %, sedangkan bila ditinjau dari siswa terdapat peningkatan sebesar dari skor 75,50 – 78,80 atau sebesar 4,37 %, (6) Model I-BA dapat dikatakan praktis, karena tingkat keterlaksanaan model terdapat peningkatan serta aktivitas dalam pembelajaran baik guru maupun siswa.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Fundamental 2016
Uncontrolled Keywords: Model Industry-Based Approach (Model I-BA); Teknik Furniture
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 16 Feb 2017 01:41
Last Modified: 16 Oct 2019 04:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47082

Actions (login required)

View Item View Item