LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SLB AUTISMA DIAN AMANAH Jalan Sumberan II NO. 22 RT 01 RW 21 Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta

Nova Mardiati, Nova Mardiati (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SLB AUTISMA DIAN AMANAH Jalan Sumberan II NO. 22 RT 01 RW 21 Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NOVA MARDIATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mempunyai misi sebagai sarana pembentukan dan peningkatan kemampuan keprofesionalan menjadi seorang pendidik. Program Pengalaman Lapangan memberikan manfaat positif sekaligus kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang diperoleh ketika dibangku perkuliahan. Ilmu yang didapat pada saat perkuliahan berupa ilmu yang bersifat teoritis maupun bersifat praktek. Oleh karena itu, kegiatan PPL ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mempraktikkan kemampuan tersebut dan sekaligus mencari pengalaman baru baik dalam hal keilmuan maupun sikap dalam menghadapi berbagai situasi. Praktik Pengalaman Lapangan ini sekaligus untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja. Sehingga keesokan harinya ketika terjun secara langsung ke lapangan, tidak merasa kaku lagi dan siap secara mental maupun pengetahuan. Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa yaitu dalam bidang pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 yang berlokasi di SLB Autisma Dian Amanah, Jl. Sumberan II No.22 RT 01, RW 21 Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016. Program kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas dan peserta didik. Pemilihan materi, penyusunan media pembelajaran, persiapan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas dikonsultasikan dengan DPL dan juga guru pembimbing. Selain itu, mahasiswa juga menyiapkan penilaian ke siswa serta mengadakan tes unjuk kerja dikelas. Kegiatan mengajar menggunakan metode unjuk kerja dan pemberian tugas. Media yang digunakan pada saat mengajar adalah gambar, alat, mapun bahan dalam konteks pembelajaran prakarya dimana anak dapat mengekspresikan dirinya melalui media tersebut. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapatkan pangalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan. Adanya kerja sama, kerja keras, disiplin, akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik. Dengan terselesaikanya kegiatan PPL ini diharapkan dapat terciptanya tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Feb 2017 07:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47073

Actions (login required)

View Item View Item