ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DALAM RPP DAN LKPD BIOLOGI SMA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN YANG DITULIS BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KOTA YOGYAKARTA

Amalia, Nurul (2016) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DALAM RPP DAN LKPD BIOLOGI SMA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN YANG DITULIS BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
NURUL AMALIA.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah KPS yang muncul dalam RPP sudah menunjukkan metode ilmiah yang baik, mendeskripsikan ada tidaknya perbedaan kemunculan KPS pada RPP jenis ekserimen dan eksplorasi, mendeskripsikan apakah KPS yang muncul dalam LKPD sudah menunjukkan metode ilmiah yang baik, dan mendeskripsikan ada tidaknya perbedaan KPS yang muncul dalam LKPD jenis eksperimen dan eksplorasi. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi (content analysis), dimana peneliti meneliti dokumen RPP dan LKPD guru tanpa meneliti proses pelaksanaannya di kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah kegiatan dalam RPP dan LKPD dari SMA di Kota Yogyakarta yang sudah menerapkan Kurikulum 2013. Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling yaitu kegiatan dalam RPP dan LKPD yang boleh dipinjam dari SMA di Kota Yogyakarta yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Instrumen telah divalidasi muka oleh Dosen Pembimbing I (Expert Judgement). Pengambilan data diperoleh dari lembar instrumen yaitu berupa lembar observasi isi RPP dan LKPD, melalui tiga panelis yang telah memenuhi syarat. Kehandalan data ketiga panelis dihitung menggunakan rumus Kanonik Krippendorf. Analisis data menggunakan pedoman penskoran dan statistika deskriptif, untuk merincikan KPS yang muncul pada RPP dan LKPD. Hasil analisis menunjukkan bahwa KPS yang muncul dalam RPP maupun LKPD belum dapat menunjukkan metode ilmiah yang baik. Dilihat dari segi kelengkapan metode ilmiah, RPP kurang lengkap karena kurang adanya kegiatan desain eksperimen dan menerima/menolak Ha, sedangkan pada LKPD tidak ada kegiatan mendesain eksperimen dan merumuskan hipotesis. Dilihat dari segi kemunculan KPS pada RPP dan LKPD masih dalam kategori kurang baik. KPS yang paling banyak muncul pada RPP eksperimen adalah melakukan percobaan, sedangkan RPP eksplorasi adalah menyimpulkan. KPS yang paling banyak muncul pada LKPD eksperimen adalah mengamati, mengklasifikasi, menganalisis hasil penelitian dan melakukan percobaan, sedangkan LKPD eksplorasi adalah melakukan percobaan. Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains (KPS), Metode Ilmiah, RPP, LKPD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 14 Feb 2017 05:02
Last Modified: 30 Jan 2019 13:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47050

Actions (login required)

View Item View Item