LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 4 GAMPING

SISKA FEBRIANI, SISKA FEBRIANI (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 4 GAMPING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Siska Febriani (13312241063) Pendidikan IPA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program kegiatan yang dilihat dari aspek manajemen dan waktu dengan tujuan mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan dan dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. Standar kompetensi PPL dirumuskan dengan mengacu dalam konteks kehidupan guru sebagai anggota masyarakat yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP N 4 Gamping. Sekolah ini berlokasi di desa Kalimanjung, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta Program PPL di SMPN 4 Gamping, dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Dalam kegiatan PPL, praktikan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan rutin 3S (senyum, sapa, salam), praktek mengajar di kelas VIII B dan VIII C, melatih PBB. Praktek mengajar diisi dengan materi apresiasi dan ekspresi. Selain praktik mengajar praktikan juga membuat perangkat pembelajaran yang terdiri dari: RPP/pertemuan, media pembelajaran, dan evaluasi. Selama melaksanakan PPL, kegiatan yang dilakukan yaitu: 1) Observasi, 2) Praktik mengejar terbimbing, 3) Praktik mengajar mandiri. Mata pelajaran yang diajarkan yaitu Ilmu Pengetahuan Alam dengan materi yaitu Gaya, Hukum Newton I, HukumNewton II, Hukum Newton III, dan Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Dalam kegiatan praktik mengajar di Sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Dalam pelaksanaan program PPL ini mahasiswa mendapat banyak pengalaman langsung dan pengetahuan dalam hal kependidikan yang akan dijadikan bekal dan beguna di kemudian hari. Selain itu, penulis lebih mengetahui masalah-masalah rill yang dihadapi di dalam kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Kegiatan, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Feb 2017 05:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47026

Actions (login required)

View Item View Item