LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 4 GAMPING

FITRI DWI ASTUTI, FITRI DWI ASTUTI (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 4 GAMPING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fitri Dwi Astuti (13401241067) PKn.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan lembaga yang menghasilkan tenaga kependidikan. Salah satu model yang dipilih untuk mendukung tenaga kependidikan profesional adalah pelaksanaan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) secara terpadu. Praktik pengalaman lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Calon guru diharapkan mampu untuk memiliki kompetensi pedagogik ,sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. SMP N 4 Gamping beralamat di Dusun Kalimanjung, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Keadaan geografis sekolah tersebut berada di dataran rendah yang lokasi sekitarnya berupa persawahan dan sangat nyaman untuk kegiatan belajar mengajar. Dari hasil observasi yang dilakukan di SMP N 4 Gamping diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum diberdayakan. Adapun Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktek mengajar, dan analisis hasil. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak 18 kali dari hasil pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan mulai tanggal 18 Juli 2016 sampai 15 September 2016 ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam di bidang Pendidikan Kewarganegaraan yang diperoleh di bangku perkuliahan. Hasil dari PPL selama dua bulan di SMP N 4 Gamping membawa dampak sangat besar bagi mahasiswa, diantaranya banyak masukan dari guru pembimbing yang sangat berguna dalam mengajar. Adanya berbagai trik yang berkaitan dengan penguasaan kelas, penguasaan materi, pengenalan lebih jauh terhadap peserta didik serta bagaimana cara menyusun RPP, soal ulangan harian maupun analisis butir soal. Guru pembimbing memberikan pengarahan-pengarahan tentang hal-hal mengajar atau cara-cara untuk mengatasi kendala yang dihadapi. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, praktik, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Feb 2017 02:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47017

Actions (login required)

View Item View Item