Evaluasi Program Pembelajaran Terpadu Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Abu Bakar Yogyakarta

Mulyati, Ewari (2010) Evaluasi Program Pembelajaran Terpadu Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Abu Bakar Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ewari-mulyati-027125050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana context pembelajaran terpadu, input pembelajaran terpadu, process pembelajaran terpadu dan product pembelajaran terpadu di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan didukung pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP (context, input, process, product) yang dikembangkan oleh Stuflebeam dan Fernandes. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta, dengan responden semua guru yang berjumlah 35 orang dan responden untuk peserta didik sebanyak 148 orang sebagai sampel dari populasi peserta didik sebesar 294 orang. Penetapan sampel menggunakan Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian terhadap program pembelajaran terpadu di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta yang menggunakan pembelajaran terpadu model keterpaduan (Integrated) yaitu mengintegrasikan nilai-nilai agama Islam ke dalam semua mata pelajaran dan menerapkan kurikulum Islam terpadu, dengan hasil evaluasi menunjukkan: (1) hasil evaluasi context progfam pembelajaran Islam terpadu termasuk pada kategori baik (42,86%), ditunjukkan dengan tingkat pemahaman guru terhadap tujuan, inti dan struktur kurikulum pembelajaran Islam terpadu baik, (2) hasil evaluasi input, yang meliputi isi program pembelajaran Islam terpadu dan kualifikasi guru termasuk pada kategori baik (71,43%), sedang hasil evaluasi input sarana dan prasarana pembelajaran dengan skor rata-rata 119 termasuk pada kategori cukup, (3) hasil evaluasi process pembelajaran lslam terpadu termasuk pada kategori baik (82,86%), ditunjukan dengan perencanaan pembelajaran Islam terpadu, pelaksanaan, penggunaan metode dan strategi serta pemanfaatan alat/media pembelajaran yang baik, (4) hasil evaluasi product yang meliputi kemampuan kognitif mata pelajaran umum dengan nilai rerata 75,22 dan pendidikan agama Islam (PAI) dengan nilai rerata 76,60 Lermasuk kategori cukup baik, kemampuan afektif untuk motivasi berprestasi dengan skor rata-rata 126,05 termasuk pada kategoli sangat baik dan intensi prososial dengan skor rata-rata 99,25 termasuk kategori baik serta kemampuan psikomotor berupa praktek PAI dengan nilai rerata 76,66 termasuk kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, pembelajaran terpadu
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2017 03:01
Last Modified: 05 Oct 2022 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47015

Actions (login required)

View Item View Item