LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMP NEGERI 4 GAMPING (Kalimanjung, Ambarketawang, Gamping, Sleman, DI Yogyakarta) 15 Juli 2016 s/d 15 September 2016

ARIHUNNISA DZAKHIROH, ARIHUNNISA DZAKHIROH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMP NEGERI 4 GAMPING (Kalimanjung, Ambarketawang, Gamping, Sleman, DI Yogyakarta) 15 Juli 2016 s/d 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Arihunnisa Dzakhiroh (13201241058) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan menjadi bekal mahasiswa sebelum terjun langsung menjadi tenaga pendidik. Pada kesempatan ini, penyusun melaksanakan kegiatan PPL di SMP Negeri 4 Gamping, Ambarketawang, Gamping, Sleman. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya. Hal-hal tersebut meliputi penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penyusunan media pembelajaran, penyusunan evaluasi, pembuatan administrasi sekolah, dan hal-hal lainnya. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL. Pelaksanaan PPL berlangsung sejak 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Pelaksanaan PPL yang berupa kegiatan mengajar terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilakukan di kelas 7C dan 7D. Hasil dari pelaksanaan PPL kurang lebih dua bulan di SMP Negeri 4 Gamping ini yaitu berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik mengajar di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang didapatkan selama di bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL ini. Penyusun berharap agar hubungan kerjasama antara pihak sekolah dengan UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Feb 2017 03:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46999

Actions (login required)

View Item View Item