Pengembangan Penilaian Berkesinambungan di Madrasah Aliyah Negeri Tulungagung

Chakim, Abdulloh (2010) Pengembangan Penilaian Berkesinambungan di Madrasah Aliyah Negeri Tulungagung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abdulloh-chakim-99715002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas pembelajaran siswa secara efektif melalui tindakan pengembangan pertanyaan kelas secara berkesinambungan; (2) meningkatkan kualitas pembelajaran siswa secara efektif melalui tindakan pengembangan observasi kelas secara berkesinambungan; (3) meningkatkan kualitas pembelajaran siswa secara efektif melalui tindakan pengemabangan pemberian tugas pekerjaan Rumah/PR siswa secara berkesinambungan; dan (4) meningkatkan kualitas pembelajaran siswa secara efektif melalui tindakan pengembangan ulangan harian secara berkesinambungan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang didesain menjadi menjadi 3 siklus. Siklus I, tindakan pengembangan yang dilakukan difokuskan pada pengembangan pertanyaan kelas dan observasi kelas secara berkesinambungan. Siklus II, tindakan pengembangan yang dilakukan difokuskan pada pengembangan pemberian Pekerjaan Rumah/PR siswa secara berkesinambungan, dan siklus III, tindakan pengembangan yang dilakukan difokuskan pada pengembangan ulangan harian secara berkesinambungan. Setiap siklus terdiri dari 5 tahapan kegiatan, yaitu: (1) tahap identifikasi, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pelaksanaan, (4) tahap observasi, dan (5) tahap refleksi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Tulungagung 2. Data dikumpulkan melalui pengamatan, interview dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis reflektif melalui diskusi dengan guru sebagai mitra kolaborasi. Hasil tindakan pengembangan adalah: (1) pertanyaan kelas dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa jika dilakukan secara berkesinambungan, yaitu dengan menerapkan ketrampilan bertanya dan memberikan feedback dengan benar; (2) observasi kelas dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa jika dilakukan secara berkesinambungan, yaitu dengan melakukan sirkulasi secara adil dengan senantiasa fokus kepada tugas monitoring, serta mengembangkan feedback berdasarkan observasi kelas melalui pemberian komentar lisan, memberikan dorongan dan bantuan secara adil; (3) Pekerjaan Rumah (PR) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa jika dilakukan secara berkesinambungan yaitu dengan menentukan pencapaian tujuan PR, memberikan tindakan koreksi, memonitor pemahaman, serta mengembangkan feedback, baik oleh siswa melalui feedback teman sejawat, maupun feedback guru; dan (4) ulangan harian dapat meningkatkan pembelajaran siswa jika dilakukan secara berkesinambungan yaitu dengan membuat perencanaan ulangan harian yang baik, mengkondisikan situasi, tempat dan waktu, mengolah dan menganalisis kesulitan belajar, memberikan umpan balik serta merekomendasikan model tindak lanjut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian berkesinambungan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2017 02:52
Last Modified: 05 Oct 2022 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46997

Actions (login required)

View Item View Item