PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ALAT MUSIK PERKUSI PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG TINGKAT SMPLB DI SLB N 1 SLEMAN

Bhakti, Maya Roshita (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ALAT MUSIK PERKUSI PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG TINGKAT SMPLB DI SLB N 1 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MAYA ROSHITA BHAKTI_12103244007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran alat musik perkusi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pada siswa tunagrahita SMPLB di SLB N 1 Sleman. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dua guru musik yang mengajar dan dua siswa tunagrahita dalam pembelajaran musik drum. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pembelajaran alat musik perkusi bertujuan agar anak tunagrahita kategori sedang memiliki keterampilan bermain alat musik perkusi, dapat dipentaskan dan sebagai wadah untuk menyalurkan apresiasi dan aktualisasi diri. Materi yang diajarkan akan diberikan secara berulang-ulang hingga subjek menguasai materi yang diberikan. Guru membiasakan subjek mendengarkan lagu dan latihan rutin untuk mengatasi kelemahan dalam koordinasi dan feel. Guru dalam kegiatan belajar mengajar berperan sebagai fasilitator, motivator dan evaluator. Strategi yang digunakan guru untuk memberikan bantuan saat proses pembelajaran dengan menggunakan isyarat tangan dan suara. Pendekatan yang digunakan guru dalam mengajar alat musik perkusi dengan pendekatan individual dan kemudian dilanjutkan dengan pendekatan kelompok. Pembelajaran alat musik perkusi tidak menggunakan metode ceramah karena keterbatasan subjek dalam mengingat dan berfikir abstrak, sehingga guru mengggunakan metode demonstrasi, latihan, dan proyek. Media bantu yang digunakan yaitu alat musik berbilah (keyboard) untuk membantu menyesuaikan ketepatan pukulan yang dimainkan oleh siswa tunagrahita kategori sedang. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan pukulan yang dimainkan dengan suara yang dihasilkan keyboard dan banyaknya lagu yang dimainkan. Terdapat faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran alat musik perkusi. Faktor internal meliputi kondisi, minat, serta bakat siswa. Faktor eksternal meliputi motivasi dan arahan dari guru, sarana-prasarana, suasana tempat, hubungan guru dengan siswa, serta kesempatan atau penyediaan jam latihan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan pembelajaran alat musik perkusi, siswa tunagrahita kategori sedang
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 09 Feb 2017 07:28
Last Modified: 02 Oct 2019 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46990

Actions (login required)

View Item View Item