KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VCD “ALAM DAN TEKNOLOGI” TERHADAP HASIL BELAJAR MENGENAL ALAT TRANSPORTASI DALAM MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA TUNARUNGU KELAS IV DI SLB WIYATA DHARMA I SLEMAN

Melalita, Anggraeni (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VCD “ALAM DAN TEKNOLOGI” TERHADAP HASIL BELAJAR MENGENAL ALAT TRANSPORTASI DALAM MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA TUNARUNGU KELAS IV DI SLB WIYATA DHARMA I SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MELALITA ANGGRAENI_ 12103244017.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media VCD “Alam dan Teknologi” terhadap hasil belajar mengenal alat transportasi pada mata pelajaran IPS untuk siswa kelas IV di SLB Wiyata Dharma I Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Subyek penelitian yaitu empat siswa tunarungu kelas IV di SLB Wiyata Dharma I Sleman. Penelitian ini dilakukan dengan desain one-group pretest and posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu statistik nonparametrik dengan tes tanda (sign test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan VCD “Alam dan Teknologi” efektif terhadap hasil belajar mengenal alat transportasi. Hasil analisis data menggunakan sign test menunjukkan hasil pengujian p > 0,031. Perhitungan p berdasarkan perubahan tes hasil belajar mengenal alat transportasi yang menunjukkan nilai post test yang lebih tinggi dari hasil pretest. Subjek A mengalami peningkatan nilai 44%. Subjek Y mengalami peningkatan nilai 40%. Subjek S mengalami peningkatan nilai 28%, dan subjek B mengalami peningkatan nilai 40%. Peningkatan skor tersebut ditunjukkan dengan: 1) siswa mampu menyebutkan macam-macam alat transportasi darat, laut dan udara; 2) siswa mampu mengklasifikasikan alat transportasi sesuai jenisnya (alat transportasi darat, laut, dan udara); 3) siswa mampu mengidentifikasi bahan bakar bagi alat transportasi sesuai arahan guru; 4) siswa mampu mengidentifikasi tempat pemberhentian bagi setiap alat transportasi sesuai arahan guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 09 Feb 2017 06:44
Last Modified: 30 Jan 2019 13:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46987

Actions (login required)

View Item View Item