LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI MINOMARTANI 1 Mlandangan Minomartani Ngaglik Sleman D. I. Yogyakarta 55581

Mela Suhariyanti, Mela Suhariyanti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI MINOMARTANI 1 Mlandangan Minomartani Ngaglik Sleman D. I. Yogyakarta 55581. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL 2016_Mela Suharyanti_13604221006_PGSD PENJAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program praktik Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib tempuh di Universitas Negeri Yogyakarta oleh setiap mahasiswa pogram kependidikan yang di adakan pada semester khusus tahun 2016 periode 15 Juli 2016 - 15 September 2016. Yang berlokasi di SD N Minomartani 1, Mlandangan, Minomartani, Ngaglik Sleman Yogyakarta. Salah satu tujuanya untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan managerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan , kependidikan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri dan ujian praktik mengajar. Namun pada praktiknya mahasiswa PPL hanya melaksanakan pengajaran terbimbing selama periode yang telah diberikan. Dan untuk menujang pengalaman profesional mengajar di lapangan terdapat program isidental dengan melaksanakan pengajaran di kelas. Selain program mengajar, juga diadakan beberapa ekstrtakurikuler antara lain ekstrakurikuler futsal, bola volley, sepak takraw, dan pendampingan pada ekstrakurikuler pramuka. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi pembekalan dan orientasi pengajaran mikro, praktik pengajaran mikro, observasi pembelajaran, dan membuat persiapan mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, dan ujian. Tahap analisis hasil berisi hasil pelaksanaan, hambatan, solusi, dan refleksi. Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar, SD N Minomartani 1
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Feb 2017 07:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46986

Actions (login required)

View Item View Item