LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) SD NEGERI MINOMARTANI 1 Mlandangan Minomartani Ngaglik Sleman D. I. Yogyakarta 55581

Isnaeni Rahmawati, Isnaeni Rahmawati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) SD NEGERI MINOMARTANI 1 Mlandangan Minomartani Ngaglik Sleman D. I. Yogyakarta 55581. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL 2016_Isnaeni Rahmawati_13604221023_PGSD PENJAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2016 memberikan kesempatan bagi mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SDN Minomartani 1 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2016. Tujuan dari program Praktik Pengalaman Lapangan adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Berdasarkan kondisi yang ada,maka mahasiswa PPL merencanakan beberapa program/kegiatan yang dilaksanakan selama kegiatan PPL, yaitu : (1)konsultasi dengan guru pembimbing lapangan dan DPL, (2)praktek mengajar, (3)pembuatan RPP. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri dan ujian praktik mengajar. Untuk menujang pengalaman profesional mengajar maka kami juga melaksanakan pengajaran di kelas yang bersifat insidental. Selain program mengajar, juga diadakan beberapa ekstrtakurikuler antara lain ekstrakurikuler futsal, bola volley, sepak takraw, dan pendampingan pada ekstrakurikuler pramuka. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi pembekalan dan orientasi pengajaran mikro, pengamatan AVA, praktik pengajaran mikro, observasi pembelajaran, dan membuat persiapan mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap analisis hasil berisi hasil pelaksanaan, hambatan, solusi, dan refleksi. Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL di SD Negeri Minomartani 1 dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait. Meskipun ada hambatan-hambatan, tetapi hambatan yang ada bukanlah penghalang melainkan konsekuensi dari sebuah usaha dan semua hambatan yang ditemukan dapat diatasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar, SD N Minomartani 1
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Feb 2017 04:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46985

Actions (login required)

View Item View Item