LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI MINOMARTANI 1 Mlandangan Minomartani Ngaglik Sleman D. I. Yogyakarta 55581

Alwin Neno Sahwilo, Alwin Neno Sahwilo (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI MINOMARTANI 1 Mlandangan Minomartani Ngaglik Sleman D. I. Yogyakarta 55581. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL 2016_Alwin Neno Sahwilo_13604221029_PGSD PENJAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SD Minomartani 1 selama 2 bulan sejak 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. SD Minomartani 1 yang menjadi tujuan PPL beralamat di Mlandangan, Minomartani,Ngaglik ,Sleman, D. I. Yogyakarta 55581. Selama pelaksanaan PPL mahasiswa diharapkan dapat terlatih kemampuannya dalam hal administrasi yang ada di lembaga sekolah, kegiatan siswa, dan guru, serta ikut dalam perbaikan-perbaikan yang dilaksanakan lembaga sekolah yang bersangkutan. Sebelum kegitan PPL berlangsung mahasiswa melakukan kegiatan praPPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing pembelajaran microteaching guna mempersiapkan praktik mengajar dan melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di SD Minomartani 1. Setelah melalui observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagai program kerja yang dilaksanakan. Program PPL yang direncanakan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Penjas di SD Minomartani 1 tahun 2016 ini meliputi : (1) program menajar, seperti observasi kelas, Diskusi RPP dengan teman, Membuat RPP, diskusi dengan guru tentang RPP, matri ajar dan lainnya, evaluasi pelaksanaan mengajar dengan guru. (2) program non mengajar meliputi, Upacara bendera di sekolah, pendampingan ekstrakurikuler,revitalisasi perpustakaan, penataan gudang sarana olahraga, pembuatan sarana olahraga. Program kerja PPL di SD Minomartani 1 telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaanya, seperti kurangnya penguasaan kelas dalam pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan guru pembimbing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program , SD N Minomartani 1
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Feb 2017 01:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46981

Actions (login required)

View Item View Item