LAPORAN INDIVIDU HASIL PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SLB B KARNNAMANOHARA Jalan Pandean 2, Gang Wulung, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta

Rivi Nurul Awalin, Rivi Nurul Awalin (2016) LAPORAN INDIVIDU HASIL PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SLB B KARNNAMANOHARA Jalan Pandean 2, Gang Wulung, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RIVI NURUL AWALIN - (13103244022).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program yang diadakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta, sebagai upaya untuk menyiapkan lulusannya menjadi tenaga pendidik yang profesional dan berkompeten. Program Pratek Lapangan melatih dan memberikan pengalaman nyata bagi para mahasiswa mengenai dunia pekerjaan sebagai tenaga pendidik yang sesungguhnya. Melalui program ini, mahasiswa dapat mengaplikasikan berbagai ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan. Kegiatan dalam program Praktik Pengalaman Lapangan diantaranya mencakup observasi (PPL 1), praktik mengajar, menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta manajemen pengelolaan kelas. Prektek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun ajaran 2016/2017 yang berlokasi di SLB B Karnnamanohara telah dilaksanakan terhitung mulai tanggal 15 Juli hingga 15 September 2016. Mahasiswa yang melaksanakan PPL di lokasi ini berjumlah 9 orang dan seluruhnya merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Biasa. Praktik mengajar dilakukan sebanyak 12 kali, dengan rincian 10 kali mengajar terbimbing dan 2 kali mengajar mandiri. Seluruh mahasiswa dibagi ke dalam 9 kelas mulai dari tingkat taman hingga dasar. Praktik mengajar dilakukan mulai dari tahap dasar yaitu konsultasi materi pembelajaran, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pelaksanaan praktik mengajar, serta evaluasi. Tidak hanya mengajar, tetapi mahasiswa juga melakukan berbagai kegiatan yang ada di sekolah. Keseluruhan pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat kerjasama dan dukungan dari seluruh komponen Sekolah Luar Biasa Bagian B Karnnamanohara.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL SLB B Karnnamanohara, Pelaksanaan kegiatan PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Feb 2017 02:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46951

Actions (login required)

View Item View Item