ANALISIS MISKONSEPSI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA DALAM BUKU BIOLOGI SMA KELAS X DI KABUPATEN SLEMAN

Dwijayanti, Ambar (2016) ANALISIS MISKONSEPSI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA DALAM BUKU BIOLOGI SMA KELAS X DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
AMBAR DWIJAYANTI.pdf

Download (606kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya miskonsepsi, mengetahui macam kategori miskonsepsi yang ditemukan, dan mengetahui persentase masing-masing kategori miskonsepsi yang ditemukan pada konsep Achaebacteria dan Eubacteria dalam buku teks biologi SMA kelas X di Kabupaten Sleman yang disusun berdasarkan Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis isi dengan populasi penelitian berupa seluruh buku teks biologi SMA kelas X yang memuat konsep Archaebacteria dan Eubacteria yang terdapat pada toko buku di Kabupaten Sleman dan disusun berdasarkan Kurikulum 2013. Sampel dalam penelitian ini menggunakan tiga buku teks biologi SMA kelas X melalui teknik random sampling. Objek penelitian ini adalah konsep-konsep materi Archaebacteria dan Eubacteria. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar analisis miskonsepsi. Analisis miskonsepsi didasarkan pada 5 kategori menurut Hershey dan dilakukan oleh tiga orang panelis. Data yang diperoleh dilakukan uji kehandalan data menggunakan analisis uji kanonik kemudian dianalisis dengan analisis statistika deskriptif menggunakan teknik distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan miskonsepsi di semua buku pada konsep teks saja. Dalam buku teks A dan C ditemukan lima kategori miskonsepsi yaitu: undergeneralizations, obsolete concepts and term, oversimplifications, overgeneralizations dan misidentifications, sedangkan dalam buku teks B ditemukan tiga kategori miskonsepsi yaitu: undergeneralizations, overgeneralization, dan misidentifications. Persentase kategori miskonsepsi dari tertinggi hingga terendah yaitu undergeneralizations (17,1 %), misidentifications (2,32 %), obsolete concepts and term (1,44 %), overgeneralizations (0,91 %), dan oversimplifications (0,79 %). Kata kunci: analisis isi, Archaebacteria dan Eubacteria, miskonsepsi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 09 Feb 2017 01:01
Last Modified: 30 Jan 2019 13:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46944

Actions (login required)

View Item View Item