LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 4 NGAGLIK Jl. Tentara Pelajar Km 3,5 , Sari Harjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta 55581

NUGRAHA FEBRIANTA, NUGRAHA FEBRIANTA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 4 NGAGLIK Jl. Tentara Pelajar Km 3,5 , Sari Harjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta 55581. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13312241067 - NUGRAHA FEBRIANTA - PENDIDIKAN IPA.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh pihak UNY sebagai LPTK (Lembaga Penyelenggara Tenaga Kependidikan) untuk mempersiapkan tenaga pendidik yang profesional, berkualitas, unggul, kompeten, terampil, berpengalaman, dan bertanggung jawab. Di samping itu, kegiatan PPL yang diselenggarakan dapat membuat mahasiswa semakin menyadari dan menghayati eksistensinya sebagi calon pendidik yang kelak akan membimbing generasi muda penerus bangsa. Dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa diberikan kesempatan untuk memeroleh pengalaman secara langsung di lapangan. Layaknya seorang pendidik, selain berlatih untuk memersiapkan pembelajaran, menyampaikan pembelajaran, dan melakukan evaluasi pembelajaran, mahasiswa juga berlatih untuk melakukan pengelolaan kelas. Tentu saja dalam pelaksanaannya tidak lepas dari pengaplikasian teori-teori yang telah didapatkan dari perguruan tinggi. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMPN 4 Ngaglik pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan tanggal 15 September 2016. Dalam pelaksanaanya, penulis mendapatkan kesempatan untuk melaukan pembelajaran IPA di kelas VIII. Karena salah satu dari kelas (kelas VIII B) memiliki pengampu yang berbeda pada mata pelajaran IPA, maka penulis hanya melakukan pembelajaran IPA pada tiga kelas, yaitu kelas VIII A, Kelas VIII C, dan Kelas VIII D. Adapun jumlah jam pelajaran IPA setiap kelas adalah 5 jam per minggu, dengan satu jam pelajarannya adalah selama 40 menit. Walaupun demikian, dalam pelaksanaannya penulis tidak dapat memberikan pembelajaran di setiap kelas sebanyak 5 jam pelajaran karena terkendala hari pelaksanaan PPL yang berakhir pada hari Jumat. Adapun materi pembelajaran yang penulis ajarkan adalah mengenai Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, Gaya, Usaha, dan Energi. Hasil yang diperoleh mahasiswa dari kegiatan PPL ini yaitu mendapatkan pengalaman nyata secara langsung di lapangan mengenai perencanaan pembelajaran, penyusunan perangkat, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, serta pengelolaan kelas. Selain itu, dengan mengaplikasikan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studinya (Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam), secara keseluruhan pelaksanaan PPL di SMPN 4 Ngaglik dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Feb 2017 00:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46899

Actions (login required)

View Item View Item