LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi : SMP N 1 Ngemplak Jl. Besi Jangkang, Widodomartani, Ngemplak, Sleman

Aditama Abrianto, Aditama Abrianto (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi : SMP N 1 Ngemplak Jl. Besi Jangkang, Widodomartani, Ngemplak, Sleman. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL ADITAMA ABRIANTO.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mempunyai program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan, salah satunya Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa. PPL bertujuan untuk (1) mengabdikan sebagian kompetensi mahasiswa untuk membantu lebih memberdayakan masyarakat sekolah demi tercapainya keluaran sekolahan yang lebih berkualitas, dan (2) melatih kemampuan profesionalisme mengajar mahasiswa secara konkret. Program dan tujuan sekolah untuk menghasilkan kualitas lulusan yang lebih baik. Keduanya dicapai dengan program-program pembelajaran yang disusun dengan indicator ketercapaian pembelajaran. Di mana PPL ini dapat mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga mampu menjadi tenaga pendidik profesional. Pada kegiatan ini para mahasiswa dituntut untuk bisa menerapkan ilmu Bahasa Jawa yang telah diperoleh di bangku kuliah untuk dipraktekkan di sekolah. Pelaksanaan PPL bertempat di SMP Negeri 1 Ngemplak, dengan melaksanakan program-program kegiatan baik yang bersifat fisik maupun non-fisik sesuai keterampilan mahasiswa. Kegiatan atau program PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Sebelum kegiatan dilaksanakan terlebih dahulu diawali dengan berbagai persiapan. Persiapan tersebut menyangkut kegiatan yang diprogramkan dari UNY maupun yang diprogramkan secara individu oleh praktikan, yang meliputi pengajaran mikro, pembekalan, observasi dan pembuatan RPP, praktik mengisi bimbingan klasikal. Subjek praktik yaitu kelas VIII A, VIII B, dan VIII C. Secara umum kegiatan PPL berjalan lancar. Program-program yang direncanakan berjalan dengan baik walaupun terdapat hambatan-hambatan yang ada, tetapi hambatan yang ada bukanlah penghalang melainkan konsekuensi dari sebuah usaha. Akhir kata, dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa diharapkan banyak mendapat pengalaman dan keterampilan dari berbagai pihak serta mengamalkan ilmu yang telah diperoleh.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 1 Negmplak, Bahasa Jawa
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 06 Feb 2017 00:41
Last Modified: 06 Feb 2017 00:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46831

Actions (login required)

View Item View Item