PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VIII SMPLB DI SLB TEGAR HARAPAN SLEMAN YOGYAKARTA

Hendika Sari, Dyah Indra Putri (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VIII SMPLB DI SLB TEGAR HARAPAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HENDIKA SARI DYAH INDAH PUTRI_11103244034.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan PBL bagi siswa tunagrahita ringan kelas VIII SMPLB di SLB Tegar Harapan Sleman Yoyakarta, dan kendala yang dialami guru dan siswa, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah guru kelas VIII SMPLB, dua orang siswa tunagrahita ringan kelas VIII, dan Kepala Sekolah SLB Tegar Harapan SlemanYogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai fasilitator dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif, efektif, dan membimbing siswa. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan PBL bagi siswa tunagrahita ringan mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran yang dibuat meliputi silabus dan RPP yang disesuaikan dengan hasil asesmen dan pemilihan materi ajar yang dihubungkan dalam permasalahan di kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan PBL sudah terealisasikan dalam kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir pada kegiatan pembelajaran dikelas. Siswa mengetahui tujuan dan cakupan materi pelajaran, siswa belajar dalam kelompok, siswa meyelesaikan masalah dengan bantuan guru, siswa menyajikan hasil kerja melalui presentasi maupun tertulis dengan bahasa sederhana, dan siswa berkolaborasi dengan guru mengevaluasi pembelajaran. Guru masih kurang intensif dalam membuat catatan-catatan khusus sebagai hasil pengamatan perkembangan siswa selama mengikuti pembelajaran. Evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran berpendekatan PBL berbentuk penilaian autentik yang terdiri dari evaluasi proses dan evaluasi hasil, meliputi: penilaian kinerja dan penilaian portofolio. Kendala yang dialami gurudansiswa beberapa siswa masih bergantung pada bimbingan dan arahan dari guru dan pembuatan instrumen evaluasi. Upaya yang dilakukan melakukan pendekatan personal untuk memotivasi siswa dan memperbanyak instrumen tes lisan, serta memudahkan siswa menjawab soal dengan menjelaskan maksud dari pertanyaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 Feb 2017 07:45
Last Modified: 30 Jan 2019 13:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46823

Actions (login required)

View Item View Item