PENGARUH MEDIA MODEL JAM AKTIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN PENGUKURAN WAKTU PADA ANAK TUNARUNGU KELAS III DI SLB B WIYATA DHARMA I TEMPEL

Muhammad, Rizqullah (2016) PENGARUH MEDIA MODEL JAM AKTIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN PENGUKURAN WAKTU PADA ANAK TUNARUNGU KELAS III DI SLB B WIYATA DHARMA I TEMPEL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Rizqullah_12103244063.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media model jam aktivitas terhadap kemampuan pengukuran waktu pada anak tunarungu kelas III di SLB B Wiyata Dharma I Tempel. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A’. Subjek penelitian merupakan satu siswa tunarungu kelas III Sekolah Dasar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pengukuran waktu dan pedoman observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik . Hasil penelitian menunjukkan bahwa media model jam aktivitas berpengaruh terhadap kemampuan pengukuran waktu pada anak tunarungu yang ditunjukkan dengan berkurangnya frekuensi kesalahan pada tes kemampuan pengukuran waktu yang dilakukan oleh subjek setelah diberikan intervensi. Adapun jumlah frekuensi kesalahan pada tes kemampuan pengukuran waktu pada baseline-1 (A) yaitu: A1=12, A2=12, A3=12, frekuensi kesalahan dapat dikatakan stabil karena cenderung menetap. Frekuensi kesalahan yang dilakukan subjek selama sesi intervensi (B) yaitu: B1=8. B2=5, B3=2, B4=0, B5=0 sedangkan frekuensi kesalahan pada tes kemampuan pengukuran waktu pada baseline-2 (A’) yaitu: A’1=2, A’2=0 dan A’3=0. Efektivitas tersebut didukung oleh persentase overlap yang rendah yaitu 0%. Perubahan level yang terjadi pada perbandingan kondisi intervensi dengan baseline-2 (A’/B) untuk kemampuan pengukuran waktu yaitu (+8).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 Feb 2017 07:41
Last Modified: 30 Jan 2019 13:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46822

Actions (login required)

View Item View Item