KEEFEKTIFAN MEDIA POP UP TERHADAPA PEMAHAMAN KONSEP HEWAN DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS IV SDLB DI SLB N 1 SLEMAN

Nausyad, Em’a Istasfi (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA POP UP TERHADAPA PEMAHAMAN KONSEP HEWAN DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS IV SDLB DI SLB N 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NAUSYAD EM'A ISTASFI_12103241067.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media Pop Up terhadap pemahaman konsep hewan dalam pembelajaran IPA pada siswa tunagrahita kategori sedang kelas IV SDLB di SLB N 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian experimen dengan desain penelitian Singgle Subject Research (SSR) yang terdiri dari dua tahapan yaitu Baseline-1 (A), dan Intervensi (B). Subjek penelitian terdiri dari satu orang anak tunagrahita kategori sedang kelas IV SDLB di SLB N 1 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pemahaman konsep hewan, observasi, dan dokumentasi sebagai pelengkap data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif, analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi dengan penyajian melalui grafik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media Pop Up efektif terhadap pemahaman konsep hewan dalam pembelajaran IPA pada siswa tunagrahita kategori sedang kelas IV SDLB di SLB N 1 Sleman. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya persentase keberhasilan siswa yang signifikan pada fase intervensi dan mampu melebihi batas KKM yang telah ditentukan yakni 68%. Selain itu juga ditukkan dengan adanya peningkatan persentase mean level dari baseline-1 (A) ke intervensi (B). Persentase pada mean level pada baseline-1 53,8% dan pada intervensi menjadi 82,5%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan persentase keberhasilan yang didapatkan siswa hingga 28,7 %, sehingga hasil tersebut telah melampaui hasil persentase keberhasilan skor yang telah ditentukan yaitu 68%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa melalui media Pop Up, pemahaman siswa tentang konsep hewan dapat meningkat, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Pop Up efektif terhadap pemahaman konsep hewan dalam pembelajaran IPA pada siswa tunagrahita kategori ringan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 Feb 2017 07:39
Last Modified: 30 Jan 2019 13:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46821

Actions (login required)

View Item View Item