LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN Alamat : Panasan Triharjo Sleman Yogyakarta, Jl.Magelang Km.13 Yogyakarta

Yassier Dwi Utomo, Yassier Dwi Utomo (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN Alamat : Panasan Triharjo Sleman Yogyakarta, Jl.Magelang Km.13 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13504241060_Yassier_Dwi_Utomo.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan yang harus ditempuh oleh semua mahasiswa UNY yang mengambil prodi atau jurusan pendidikan. Program praktik Pengalaman Lapangan yang diberikan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. SMK Muhammadiyah 1 Sleman berlokasi di Panasan, Triharjo, Sleman. SMK Muhammadiyah 1 Sleman merupakan sekolah yang memiliki potensi siswa yang cukup besar. SMK Muhammadiyah 1 Sleman memiliki kurang lebih 400 siswa yang terdiri dari 3 kompetensi keahlian yaitu: Multimedia, Teknik Kendaraan Ringan ( TKR), Teknik Sepeda Motor ( TSM ). Kegiatan PPl dilaksanakan dari tanggal 15 Juli s.d 15 September 2016 bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain adalah mengajar, menyusun dan mengembangkan media pembelajaran, dan menjalankan program kerja PPL. Dalam pelaksanaan PPL penulis mengajar kelas X TKR 1, X TKR 3, XI TKR 1, XII TKR 1 dan XII TKR 2 pada mata pelajaran PDTM, PMO 1 dan PMO 2 serta kegiatan mengajar lainnya berupa kegiatan pendampingan mengajar. Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahaan yang timbul dilingkungan sekolah. Semoga setelah selesai PPL mahasiswa dapat memperoleh pengalaman pengabdian seorang tenaga pengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL,UNY,SMK Muhammadiyah 1 Sleman, PDTM, PDKO, PMO 2.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Feb 2017 06:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46808

Actions (login required)

View Item View Item