LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2016/2017 15 JULI-15 SEPTEMBER 2016 DI SMK MUHAMADIYAH 1 SLEMAN

ALBET FEBRI FALSIAPON, ALBET FEBRI FALSIAPON (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2016/2017 15 JULI-15 SEPTEMBER 2016 DI SMK MUHAMADIYAH 1 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13504241027 Albet febri falsiapon laporan PPL.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan yang harus ditempuh oleh semua mahasiswa UNY yang mengambil prodi atau jurusan pendidikan. Program praktik Pengalaman Lapangan yang diberikan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berguna untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Melalui kegiatan PPL tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pada kegiatan praktik ini, mahasiswa diharap mampu belajar secara nyata di lapangan dengan menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah dimiliki untuk diberikan kepada siswa karena peran kita disini dididik untuk menjadi calon guru yang baik dan berkualitas. SMK Muahamadiyah 1 Sleman berlokasi di Jl. Agrowisata km 01 panasan triharjo sleman yogyakarta. SMK Muahamadiyah 1 Sleman merupakan sekolah yang memiliki potensi cukup besar. SMK Muhamadiyah 1 Sleman memiliki 500 siswa yang terdiridari 3 kompetensi keahlian yaitu: Teknik kendaraan ringan (TKR), Multimedia (MM) dan teknik sepeda motor (TSM). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada SMK Muahamadiyah 1 Sleman terhadap kondisi sekolah secara keseluruhan baik dari segi fisik, potensi siswa, guru dan karyawan, serta fasilitas yang disediakan sekolah, maka mahasiswa kemudian merancang kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Muhamadiyah 1 Sleman yang terkait dengan kebutuhan pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Bimbingan mengenai apa yang harus dilakukan sebelum terjun mengajar di sekolah juga telah diberikan sebelumnya oleh dosen pembimbing. Tidak hanya prosedur pelaksanaan pembelajaran di kelas, namun juga mengenai penyusunan administrasi guru yang lengkap, baik, dan sesuai peraturan yang berlaku. Pengalaman Praktik mengajar praktikan terlaksana dengan 17 kali mengajar di kelas XI TKR . Mahasiswa mengajar 8 kali tatap muka di kelas XI TKR 1 8 kali untuk kelas XI TKR 2 dan 8 kali untuk TKR 3 Untuk SK PCSPT sistem praktik di dalam kelas dengan kurikulum KTSP. Praktik mengajar yang mahasiswa lakukan ditunjang dengan penggunaan metode serta media pembelajaran yang berbeda guna mengaktivkan siswa dalam belajar.Seluruh rangkaian kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah praktikan laksanakan telah memberikan banyak pengalaman serta pengetahuan mengenai menjadi guru yang profesional yang senantiasa menjunjung kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Diharapkan program PPL UNY yang setiap tahun dilaksanakan akan semakin baik dengan prosedur serta pembagian kuota serta kebutuhan mahasiswa di sekolah yang lebih adil dan merata dan dapat membantu para peserta didik dalam memudahkan kegiatan belajar para siswa sehingga dengan adanya PPL ini tidak hanya memberikan manfaat kepada para peserta PPL namun juga memberikan manfaat bagi para siswa siswi SMK Muhamadiyah 1 Sleman.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktek pengalaman lapangan smk muhamadiyah 1 sleman kegiatan belajar mengajar di sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Feb 2017 06:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46806

Actions (login required)

View Item View Item