LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SLEMAN Jalan Magelang Km 14 Medari, Caturharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta Telp.(0274)868434 15 Juli – 15 September 2016

Arvan Fetura, Arvan Fetura (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SLEMAN Jalan Magelang Km 14 Medari, Caturharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta Telp.(0274)868434 15 Juli – 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Arvan FETURA_ 13601244016_ PJKR.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SMA N 1 Sleman, berlokasi di Jalan Magelang Km. 14 Medari, Caturharjo, Sleman ini bertujuan untuk meningkatkan potensi, bakat dan minat peserta didik guna menunjang proses belajar mengajar, membantu meningkatkan kondisi lingkungan sekolah yang mendukung proses belajar mengajar. Mahasiswa mulai aktif penuh di sekolah sebagai tanda pelaksanaan PPL, terhitung dari tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016. Pelaksanaan PPL diawali dengan kegiatan observasi sekolah, perencanaan program, konsultasi program ke pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL PPL), serta kegiatan terakhir adalah penetapan program. Pada kegiatan PPL di SMA N 1 Sleman ini, mahasiswa mengajar di tiga kelas yaitu XII MIA 4, XII MIA 5, dan XII IIS 2 untuk materi Bola basket, Bola voli, Senam lantai dan Pendidikan Kesehatan. Untuk masing-masing kelas, mahasiswa mendapat kesempatan mengajar selama 6.45 jam setiap pekan. Selain praktik mengajar, mahasiswa juga belajar membuat perangkat pembelajaran yang memberikan banyak pengalaman dan manfaat sebagai calon guru penjasorkes. Selama pelaksanaan program PPL ini dapat disimpulkan bahwa target penggunaan jam selama pelaksanaan PPL telah tercapai dalam yaitu sebanyak 294,5 jam dan materi yang harus disampaikan telah mencapai target Kompetensi Dasar (KD) yang telah ditentukan. Namun begitu dalam pelaksanaannya tentu saja ada beberapa hambatan-hambatan yang ditemui sepanjang melaksanakan kegiatan PPL. Oleh karena itu, diperlukan komunikasi, dedikasi, dan loyalitas dalam pelaksanaan pengajaran sehingga guru dan peserta didik dapat terjadi proses transfer pengetahuan yang optimal. Dengan demikian diharapkan tujuan dari program-program yang dilaksanakan mampu bermanfaat bagi sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik pengalaman lapangan (PPL), penjasorkes, SMA 1 Sleman, kelas X,XI,XII
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Feb 2017 03:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46799

Actions (login required)

View Item View Item