Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Tentang Perbandingan di Kelas VII SMP

Rahmawati, Rahmawati (2009) Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Tentang Perbandingan di Kelas VII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahmawati-05709251002.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia tentang topik perbandingan yang valid, praktis, dan efektif, melalui penelitian pengembangan. Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model Plomp yang telah dimodifikasi dengan kualitas produk dari Nieveen. Pengembangan model tersebut dimulai dari tahap investigasi awal, perancangan, realisasi, dan evaluasi. Tahap penyebaran (disseminasi) belum dilakukan dalam penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari; (1) lembar penilaian instumen; (2) lembar validasi; (3) lembar observasi pengelolaan pembelajaran; (4) lembar observasi aktivitas siswa dan guru; (5) angket respons siswa; dan (6) tes hasil belajar. Melalui proses pengembangan, telah dihasilkan; (1) buku Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia; (2) perangkat pembelajaran matematika realistik Indonesia; dan (3) instrumen penelitian. Berdasarkan analisis uji coba terbatas, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model dan perangkat Pembelajaran Matematika Realistik telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kriteria tersebut dapat dilihat dari kevalidan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia beserta seluruh perangkat pembelajaran yang digunakan termasuk dalam kategori valid, kepraktisan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia beserta seluruh perangkat pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas termasuk kategori baik, dan ketercapaian keefektifan Model Pembelajaran Matematika Realistik berdasarkan pada; (1) persentase ketercapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal dengan tingkat penguasaan minimal tinggi dan sangat tinggi adalah 80% dari 35 siswa yang mengikuti tes; (2) persentase batas waktu ideal untuk setiap kategori aktivitas siswa dan guru sudah dipenuhi; (3) rata-rata nilai kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,54 termasuk dalam kategori baik, dan (4) respons siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran adalah positif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan model, Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 30 Aug 2012 13:28
Last Modified: 29 Jan 2019 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4679

Actions (login required)

View Item View Item