LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 3 PAKEM JALAN KALIURANG KM.17 POJOK, HARJOBINANGUN, PAKEM, SLEMAN PERIODE 15 JULI s.d 15 SEPTEMBER 2016

Ilina, Ilina (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 3 PAKEM JALAN KALIURANG KM.17 POJOK, HARJOBINANGUN, PAKEM, SLEMAN PERIODE 15 JULI s.d 15 SEPTEMBER 2016. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
ILINA 13104241019 BK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PraktikPengalamanLapanganmerupakanwahanabagimahasiswauntukmelatih diridanmenambahpengalamandalambidangpembelajarandanmanajerial di sekolah. PPL bertujuanuntukmelatihmahasiswa agar memilikipengalamannyatatentang proses belajarmengajardandiharapkandengan PPL inidapatmenjadibekalbagimahasiswauntukmengembangkandirisebagaitenagakepend idikan yang profesional. Salah satulokasi yang menjadisasarantempatpelaksanaan program PPL pada semester khusustahun 2016iniadalah di lingkunganmasyarakatsekolah, yaitumasyarakat SMP Negeri 3 Pakemkhususnyaseluruhsiswasiswi SMP Negeri 3 Pakem. Kegiatan PPL inidilaksanakanpadatanggal 15 Julis.d. 15 September 2016.Sedangkanmatapelajaran yang diampupenyusunadalahmatapelajaranBimbingan dan Konseling (BK).Selama PPL penyusunmengampusemua kelas VII, VIII dan IX pada tanggal 15 Juli s.d 08 Agustus 2016. Pada tanggal 08 Agustus s.d 15 September 2016 berlakunya kurikulum tiga belas, dimana mata pelajaran BK tidak terjadwal atau tidak ada jadwal masuk kelas. Selain program mengajar kami juga melaksanakan program kerja non mengajar diantaranya adalah mengikuti guru piket, ikut menjaga perpustakaan, pendampingan pengembangan diri,Jum’at bersih, Jum’at sehat serta membudayakan 3S (Senyum, Sapa, Salam) melalui jabat tangan setiap pagi sebelum masuk kelas yang diikuti seluruh siswa, guru, serta mahasiswa yang PPL di SMP N 3 Pakem. Kurang lebih dua bulan di sekolah, mahasiswa praktik lapangan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperolah di bangku perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas, tindakan kelas, baik saat teori maupun praktikum. Dalampelaksanaan program tersebut, tidakpernahlepasdarihambatan-hambatan. Akan tetapi, denganadanyasemangatdanmotivasidari guru pembimbinglapangandan guru lain, dosenpembimbinglapangan, teman-temansatutimdanberkatkerjasama yang baikmakasegalahambatandapatteratasidenganmudah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, Program Mengajar, Program Non Mengajar , SMP Negeri 3 Pakem.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 02 Feb 2017 00:41
Last Modified: 02 Feb 2017 00:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46741

Actions (login required)

View Item View Item