LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN

WINDI RIZKIANTI, WINDI RIZKIANTI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Windi Rizkianti (Pend. Bahasa Jerman) .pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Ngemplak yang terletak di Kabupaten Sleman. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. SMA Negeri 1 Ngemplak terletak di Kabupaten Sleman dan menggunakan dua kurikulum. Kelas X menggunakan Kurikulum 2013 sedangkan kelas XI dan XII masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil mengajar. Observasi dilakukan dengan metode: (1) tanya jawab, (2) dokumentasi, dan (3) melihat ke lapangan secara langsung. Berdasarkan hasil observasi maka dapat ditentukan metode dan media untuk mengajar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan kemampuan peserta didik. Persiapan mengajar dilakukan dengan membuat media dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang kemudian dikonsultasikan kepada guru pembimbing. Pelaksanaan mengajar dilaksanakan di kelas X IIS 2 dan XI IPS 2. Dan evaluasi dilaksanakan setelah proses mengajar selesai. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 – 15 September 2016 di SMA Negeri 1 Ngemplak adalah mahasiswa dapat menerapankan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di dalam bidang Pendidikan Bahasa Jerman yang diperoleh di bangku perkuliahan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Feb 2017 08:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46724

Actions (login required)

View Item View Item