Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Penguasaan Kosakata terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Kelas VIII Se Kota Yogyakarta.

Molyaningrum, Noredyo (2017) Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Penguasaan Kosakata terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Kelas VIII Se Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-noredyo-molyaningrum-12706251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh: (1) motivasi belajar, fasilitas belajar, dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII Kota Yogyakarta, (2) motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII Kota Yogyakarta. (3) fasilitas belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII Kota Yogyakarta, dan (4) penguasaan kosakata terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto, dengan melibatkan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Motivasi belajar sebagai variabel bebas satu (X1), fasilitas belajar sebagai variabel bebas dua (X2), dan penguasaan kosakata sebagai variabel bebas tiga (X3). Prestasi belajar bahasa Inggris sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri kelas VIII di Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional stratified random sampling. Instrumen penelitian adalah angket dan tes. Kualitas instrumen angket dilihat dengan Analisis Faktor dan instrumen tes dengan program QUEST, berdasarkan Item Response Theory (IRT) dengan model 1-PL. Data dianalisis dengan teknik Regresi Ganda yang diteruskan dengan Korelasi Parsial. Hasil penelitian adalah: (1) Motivasi belajar, fasilitas belajar, dan penguasaan kosakata secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa (F = 94,111 dan p ≤ 0,05). Sebanyak 44,8% variansi prestasi belajar bahasa Inggris ditentukan oleh motivasi belajar, fasilitas belajar, dan penguasaan kosakata. (2) Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa (r = 0,182 sig. dengan p ≤ 0,05). (3) Fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa (r = 0,134 sig. dengan p ≤ 0,05). (4) Penguasaan kosakata berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa (r = 0,620 sig. dengan p ≤ 0,05). Penguasaan kosakata paling berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, fasilitas belajar, penguasaan kosakata, prestasi belajar bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Feb 2017 04:14
Last Modified: 08 Nov 2022 01:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46693

Actions (login required)

View Item View Item