LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 PAKEM (JL. Kaliurang Km.17,5 Pakem Sleman Yogyakarta) 18 Juli s/d 15 September 2016

SHINTA KUMALA DEWI, SHINTA KUMALA DEWI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 PAKEM (JL. Kaliurang Km.17,5 Pakem Sleman Yogyakarta) 18 Juli s/d 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL UNY 2016_SMA N 1 Pakem_Shinta Kumala Dewi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu lembaga yang menghasilkan tenaga kependidikan yang profesional dan berkualitas. Salah satu usaha yang dilakukan yaitu pelaksanaan program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) yang termasuk mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa S1 kependidikan.Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori yang diperoleh pada saat di perkuliahan.Kegiatan PPL bertujuan untuk mendapatkan pengalaman langsung mengenai pembelajaran atau manajerial di sekolah.Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana untuk membentuk tenaga kependidikan yang profesional serta siap untuk memasuki dunia pendidikan, serta mempersiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan atau calon guru yang memiliki kompetensi pedagogik, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang profesional. SMA Negeri 1 Pakem merupakan salah satu sekolah yang terletak di JL .Kaliurang KM. 17,5 Pakem, Sleman. SMA Negeri 1 Pakem menjadi salah satu tempat dilaksanakannya program PPL yang diadakan oleh UNY. Program PPL UNY di SMA Negeri 1 Pakem dilaksanakan dari tanggal 15Juli hingga 15 September 2016. Program PPL dilaksanakan dengan tahap observasi sekolah dan observasi pembelajaran di kelas, perencanaan program, konsultasi program ke pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta kegiatan terakhir adalah penetapan program, terdapat pula kegiatan lain yang dilaksanakan yaitu praktik persekolahan yang sesuai dengan bidang ilmunya. Pada program PPL mahasiswa memperoleh pengalaman langsung mengenai pembelajaran dan dapat dijadikan sebagai bekal pengalaman. Dengan terselesainya kegiatan PPL, diharapkan mahasiswa dapat menjadi calon pendidik yang professional, dan hubungan kerja sama antar UNY dan SMA Negeri 1 Pakem semakin baik untuk kedepannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Pakem, tenaga pendidik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Feb 2017 03:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46689

Actions (login required)

View Item View Item