LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 1 PAKEM

MARYATUL QIBTIYAH, MARYATUL QIBTIYAH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 1 PAKEM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL UNY 2016_SMA N 1 Pakem_Maryatul Qibtiyah.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh bagi mahasiswa Program Studi Kependidikan sebagai sarana pengimplementasian keilmuan yang diperoleh di Perguruan Tinggi dan sebagai sarana peningkatan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan. Mahasiswa yang telah mengikuti Program PPL diharapkan dapat menjadi pendidik-pendidik professional di masa mendatang. Kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Pakem dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Pelaksanaan program PPL di SMA Negeri 1 Pakem melibatkan 18 mahasiswa dari UNY dan 6 mahasiswa dari UII yang mengampu mata pelajaran sesuai bidang keilmuannya masing-masing. Tahapan yang dilaksanakan dalam program PPL ini adalah 1) Persiapan, 2) Pelaksanaan, dan 3) Evaluasi. Tahap persiapan dilakukan dengan melakukan observasi ke sekolah, konsultasi kepada Guru Pembimbing Lapangan (GPL) dan mempersiapkan perangkat pembelajaran yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Tahap pelaksanaan mencakup proses pembelajaran di kelas dengan menerapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat dan proses evaluasi pembelajaran atau pengambilan nilai untuk Kompetensi Dasar (KD) yang diajarkan. Tahap evaluasi program PPL dilakukan dengan melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan di kelas yaitu dengan melihat dari catatan harian serta agenda harian guru. Dari tahapan yang telah dilaksanakan diketahui bahwa program PPL di SMA Negeri 1 Pakem berjalan lancar meskipun tetap menemui beberapa hambatan. Pada akhirnya berbagai manfaat diperoleh dari program ini, antara lain menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa untuk bertindak sebagai bagian dari sekolah atau lembaga; memahami aktivitas tenaga pendidik yang dalam melakukan tugasnya menuntut profesionalitas dan memerlukan berbagai persiapan; dan memahami bahwa setiap peserta didik memiliki keunikan yang tidak dapat dipaksakan untuk menjadi seragam.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kependidikan, Pakem, PPL.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Feb 2017 02:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46683

Actions (login required)

View Item View Item