Cerita Anak Pada Majalah Tk Islam: Analisis Tema dan Pesan Moral serta Kontribusi Nilai Cerita pada Pembelajaran Anak TK.

Umar , Sidik (2010) Cerita Anak Pada Majalah Tk Islam: Analisis Tema dan Pesan Moral serta Kontribusi Nilai Cerita pada Pembelajaran Anak TK. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
TESIS_UMAR.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Umar Sidik: Cerita Anak Pada Majalah Tk Islam: Analisis Tema dan Pesan Moral serta Kontribusi Nilai Cerita pada Pembelajaran Anak TK. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2009. Penelitian ini membahas bentuk penyajian cerita yang terdapat pada majalah TK Islam, tema dan pesan moralnya, serta kontribusi cerita dalam pembelajaran di TK Islam. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan (1) bentuk penyajian cerita, (2) tema dan pesan moral cerita, dan (3) kontribusi cerita dalam pembelajaran di TK Islam. Populasi penelitian ialah cerita yang terdapat pada majalah-majalah TK Islam. Adapun sampel yang dipilih adalah cerita yang ada dalam empat majalah TK Islam, yaitu Nabila, Raudhotul Athfal, Sahabat Muslim, dan Tunas Taqwa. Penyampelan dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling dengan menetapkan 66 cerita sebagai proyek penelitiannya. Pengkajian dilakukan dengan menggunakan pendekatan intrinsik, yaitu melalui pembacaan secara mikroskopi (close reading) terhadap cerita; dan pendekatan fungsi, yaitu dengan menekankan telaahnya pada nilai-nilai yang dapat berkontribusi dalam pembelajaran di TK Islam. Analisis dilakukan dengan cara pembandingan antarteks, pembuatan kategori, penyajian tabulasi data dan deskripsi verbal. Langkah itu dilanjutkan dengan pembuatan inferensi, yaitu suatu pemahaman secara mendalam, pembandingan satu dengan lainnya, dan pembuatan kesimpulan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini ada tiga hal pokok sebagai berikut. Pertama, cerita yang terdapat pada majalah TK Islam ada dua bentuk, yaitu cerita berbentuk narasi dan komik strip. Kedua, tema dan pesan moral yang terkandung di dalam cerita anak pada majalah TK Islam sangat bervariasi, yaitu ada 50 tema pokok dan 20 jenis pesan moral. Ketiga, terdapat 11 nilai cerita yang dapat berkontribusi dalam pembelajaran di TK, yaitu nilai pengembangan emosi, intelektual, imajinasi dan fantasi, sosial, etis dan religius, eksplorasi atau penemuan, bahasa, rasa keindahan, dan penanaman wawasan multikultural, penanaman kebiasaan membaca, serta penanaman nilai kepribadian.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Sastra Anak
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 30 Aug 2012 13:28
Last Modified: 29 Jan 2019 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4668

Actions (login required)

View Item View Item