LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 LOKASI SMP Negeri 1 Mungkid Jl. Raya Blabak Mungkid, Mungkid, Jetak 2, Magelang

PAULUS NEO PRASETYO, PAULUS NEO PRASETYO (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 LOKASI SMP Negeri 1 Mungkid Jl. Raya Blabak Mungkid, Mungkid, Jetak 2, Magelang. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan UNY merupakan sebuah progam wajib yangdiselenggarakan oleh LPPMP UNY bagi mahasiswa jenjang S1 Kependidikan diUniversitas Negeri Yogyakarta yang bersifat praktik, aplikatif dan terpadu untukmengiplementasikan ilmu yang telah didapatkan mehasiswa selama perkuliahankepada siswa di sekolah sebagai pendidik. Progam ini juga bertujuan untukmemberikan pengalaman secara nyata bagi mahasiswa tentang dunia kependidikanagar nantinya mahasiswa tersebut dapat menjadi tenaga pendidik yang professionaldibidangnya,salah satu cara adalah dengan pelaksanaan serangakaian progam PPLUNY di SMP Negeri 1 Mungkid Tahun 2016 ini. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan pra PPL yaitupembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, pembelajaran microteaching guna mempersiapakan praktik mengajar, dan melakukan observasi kelassehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di SMP Negeri1 Mungkid. Setelah melakukan observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagaiprogam kerja yang akan dilaksanakan. Progam PPL yang direncanakan olehmahasiswa antara lain; (1) Pembuatan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP); (2)Praktik mengajar; dan (3) Evaluasi Pembelajaran. Serangkaian program kerja PPL SMP Negeri 1 Mungkid telah terlaksanadengan baik, mulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016.Walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnyapengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi denganberkonsultasi dengan Guru Pembimbing. Program mengajar di kelas juga memilikitantangan yaitu dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbeda-beda,bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar peserta didik termotivasi untukbelajar. Selain hambatan dan tantangan, dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswamendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam duniapendidikan khususnya di sekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancardan sukses berkatrjasama dan kerja keras semua pihak. Dengan terselesaikanny keakegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional danberkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 1 Mungkid, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Jan 2017 01:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46635

Actions (login required)

View Item View Item