ANALISIS SISTEM ANTREAN DENGAN DISIPLIN PELAYANAN PREEMPTIVE

Istiani, Nur Indra and Binatari, Nikenasih (2017) ANALISIS SISTEM ANTREAN DENGAN DISIPLIN PELAYANAN PREEMPTIVE. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
BAB III PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)

Abstract

Antrean dengan disiplin pelayanan prioritas memiliki dua aturan yang dapat diikuti, yaitu aturan Preemptive dan aturan Non-Preemptive. Disiplin pelayanan Preemptive menggambarkan situasi dimana pelayan sedang melayani seseorang, kemudian beralih melayani orang yang diprioritaskan meskipun belum selesai melayani orang sebelumnya. Tujuan dari penulisan ini adalah menganalisis model sistem antrean dengan disiplin pelayanan Preemptive dan dilakukan penurunan formula untuk mendapatkan persamaan probabilitas dan persamaan ukuran keefektifan sistem antrean. Persamaan keseimbangan dalam penelitian ini diperoleh dengan mengasumsikan disiplin pelayanan Preemptive memiliki dua prioritas pelayanan. Persamaan PGF diperoleh menggunakan transformasi z terhadap variabel randomnya, kemudian dijumlahkan seluruh kemungkinannya. Selanjutnya nilai harapan banyaknya pelanggan dalam sistem diperoleh dari turunan persamaan pgf terhadap , kemudian mensubstitusikan nilai . Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai harapan banyaknya pelanggan dalam sistem antrean (M/M/1):(PRD/∞/∞) untuk prioritas pertama sebesar kuadrat per rasio utilitas pelanggan prioritas pertama . Sementara nilai harapan banyaknya pelanggan dalam sistem (M/M/1):(PRD/∞/∞) untuk prioritas kedua sebesar rasio utilitas pelanggan prioritas kedua dikali peluang tidak ada kedatangan pelanggan prioritas pertama ditambah peluang tidak ada kedatangan pelanggan prioritas kedua. Nilai harapan banyaknya pelanggan dalam sistem antrean (M/M/1):(PRD/∞/∞) untuk prioritas pertama maupun prioritas kedua hasilnya lebih kecil dari nilai harapan banyaknya pelanggan dalam sistem antrean (M/M/1):(GD/∞/∞). Kata kunci : antrean, disiplin pelayanan Preemptive

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 01 Feb 2017 02:30
Last Modified: 30 Jan 2019 13:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46630

Actions (login required)

View Item View Item