LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP N 1 MUNGKID

Aan Hofif Imtihani, Aan Hofif Imtihani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP N 1 MUNGKID. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu PPL Aan Hofif Imtihani_13206241024_Pendidikan Seni Rupa.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu lembaga perguruan tinggi yang menyiapkan tenaga pendidik profesional. Salah satu program yang diadakan oleh UNY adalah kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan dan memperdalam ketrampilan mahasiswa yang terkait dengan praktik mengajar dan praktik persekolahan . Kegiatan PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata serta pengembangan keterampilan tentang proses pembelajaran secara langsung di lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat pembelajaran tersebut adalah SMP N 1 Mungkid. Pelaksanaan PPL dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan tanggal 15 September 2016. Pelaksanaan PPL di SMP Negeri 1 Mungkid meliputi program pembuatan administrasi guru, pembuatan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran, analisis penilaian, dan konsultasi baik guru pembimbing maupun DPL PPL. Dalam praktik pembelajaran untuk mahasiswa program studi Pendidikan Seni Rupa, diberikan kesempatan untuk mengajar pada kelas VIII B, VIII D, VIII E, VIII F, VIII G, dan VIII H sesuai jadwal yang telah disepakati. . Pelaksanaan praktik mengajar diambil dari jadwal guru pembimbing, dengan jadwal dan alokasi waktu jam pelajaran guru mata pelajaran Seni Budaya. Adapun alokasi waktu mengajar mata pelajaran Seni Budaya adalah 1 jam x 40 menit. Metode yang digunakan dalam mengajar adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi. Pembelajaran dilakukan dengan dukungan media pembelajaran berupa LCD proyektor yang digunakan untuk memaparkan materi pembelajaran berupa gambar, video, dan slide show. Media pembelajaran lainnya yaitu buku cerita rakyat dan contoh hasil karya pelukis sebagai referensi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk mengatasi hambatan-hambatan yang muncul saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Secara umum, program- program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: UNY, PPL, SMP Negeri 1 Mungkid, Pendidikan Seni Rupa, Pembelajaran
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 31 Jan 2017 00:43
Last Modified: 31 Jan 2017 00:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46628

Actions (login required)

View Item View Item